Wali Kota Malang: Kampung 3G Akan Dibawa ke Guangzhou China

Nov 11, 2016 09:29
(Dari kanan) Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro Bambang Irianto, Wali Kota Malang H M. Anton, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono (memakai kemeja putih) membawa buku Kampung 3G. (foto Himas Pemkot Malang for MalangTIMES)
(Dari kanan) Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro Bambang Irianto, Wali Kota Malang H M. Anton, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono (memakai kemeja putih) membawa buku Kampung 3G. (foto Himas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang H M. Anton bangga karena Kota Malang memiliki Kampung 3G (Glintung Go Green) yang sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. 

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

"Masyarakat Kota Malang patut berbangga atas prestasi dari Kampung 3G yang berhasil menembus tingkat internasional," kata pria yang akrab disapa Abah Anton tersebut ketika menghadiri Festival Kampung Glintung Go Green on Urban Farming di RW 23 Kelurahan Purwantoro bersama Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni SUmarsono, (10/11/2016).

Anton mengatakan, perubahan dan inovasi dari program Gerakan Menabung Air (Gemar) yang sudah digagas warga RW 23 Purwantoro tersebut sekarang sudah masuk finalis dalam lomba kota inovatif dunia yang diselenggarakan di Guangzhou, China.

"Kami pertahankan prestasi ini dengan terus menekankan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui membangun kampung yang asri dan peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya di kampung 3G saja. Kami juga memiliki Kampung 3D Kesatrian dan Kampung Warna-Warni Jodipan yang dibawa ke tingkat internasional juga," kata pria nomor satu di Pemerintahan Kota Malang tersebut.

Anton menekankan, pembangunan dengan model bottom up yang sudah dilakukan saat ini digalakkan secara berkelanjutan. Apalagi, diadakannya Festival Rancang Malang yang akan menumbuhkan kampung tematik di Kota Malang semakin berkembang.

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

"Kalau kota kita maju dan berkembang, akan mendongkrak sektor perekonomian masyarakat juga," ucapnya.

Sementara itu, Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro Bambang Irianto, menambahkan pihaknya sangat berterima kasih atas kedatangan dirjen otonomi daerah Kemendagri yang secara khusus memantau dan melihat kondisi Kampung 3G. "Kami berharap ada dukungan dari seluruh elemnen masyarakat, khususnya Pemkot Malang dengan terus memberikan pembinaan agar program Gemar bisa memenangkan lomba di Guangzhou, China, nanti," ucapnya.

Topik
Kampung 3GGlintung Go GreenUrban FarmingKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru