Dirjen Otoda Kemendagri: Kampung 3G Jadi Pilot Project Nasional

Nov 11, 2016 09:10
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soemarsono (kiri), Wali Kota Malang H M. Anton (tengah), Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro Bambang Irianto (kanan) menjadikan Kampung 3G sebagai pilot project nasional. (foto Humas Kota Malang for MalangTIMES)
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soemarsono (kiri), Wali Kota Malang H M. Anton (tengah), Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro Bambang Irianto (kanan) menjadikan Kampung 3G sebagai pilot project nasional. (foto Humas Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni Sumarsono memuji keberhasilan penghijauan Kampung 3G (Glintung Go Green) di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang. Soni menilai layak sekali Kampus 3G dijadikan pilot project nasional.

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

Hal itu ditegaskan Soni saat membuka Festival Kampung Glintung Go Green on Urban Farming di RW 23 Kelurahan Purwantoro. Dia didampingi Walikota Malang H M. Anton dan kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Kamis (10/11).

Saat melakukan kunjungan, Soni mengatakan, Kampung Glintung membawa semangat penghijauan yang positif sebagai percontohan penghijauan di tingkat nasional." Keasrian lingkungannya akan membawa menghasilkan daya ekonomi bagi masyarakatnya," kata dia.

Selain melihat penghijauan Kampung Glintung yang asri, dia juga mendatangkan perwakilan mahasiswa dari 41 negara yang mengikuti program Universitas Negeri Malang (UM) Internasional Camp. "Para penggiat ide gagasan Kampung 3G ini sangat luar biasa. Kreativtas dan inovasi ini perlu dicontoh oleh daerah lainnya dan bisa diterapkan di Jakarta," ungkapnya. 

Menurut Soni, awalnya Kampung 3G merupakan kawasan kumuh dan rawan terjadi bencana banjir saat hujan turun. Namun, dengan sentuhan tangan kreatif masyarakat sekitar, kampung itu hijau menawan dan lingkungannya asri.

"Di sini juga ada program Gerakan Menabung Air (Gemar). Sekarang kampung ini menjadi asri, berdaya ekonomi, dan memiliki wawasan lingkungan yang kuat," ucapnya.

Soni mengaku sangat ingin meninjau keadaan di Kampung Glintung karena dia mendapat undangan Wali Kota Malang H M. Anton dan Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro Bambang Irianto.

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

"Saya yakin, mengubah penghijauan lingkungan Kampung 3G membutuhkan waktu yang lama. Sebab, lingkungan yang dibangun harus ada planning dan pola pemikiran masyarakat yang cerdas," ucapnya.

Dia menerangkan, kedatangannya sangat istimewa di Kampung Glintung karena ia membawa langsung kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta. "Saya ingin, usai dari sini, ada pilot project dan gerakan di Jakarta untuk membuat Kampung 3G yang seperti di Malang ini," tandasnya.

Bahkan, pria yang juga menjabat Plt Gubernur DKI Jakarta itu menjanjikan penghargaan kepada Wali Kota Malang H M. Anton bila semua kampung yang ada di Kota Malang bisa seperti Kampung 3G. 

"Saya janji akan memberi penghargaan khusus kepada Kota Malang jika semua kampung di sini dijadikan Kampung 3G," katanya. (*)

Topik
Kampung 3GKota MalangPenghijauanKelurahan Purwantoro
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru