Ternyata Cafe Punya Sejarah Panjang Lo

Nov 08, 2016 10:07
Ilustrasi Cafe abad ke 18 (foto istimewa)
Ilustrasi Cafe abad ke 18 (foto istimewa)

MALANGTIMES - Anda pasti sangat familiar dengan istilah Cafe atau Kafe. Bahkan mungkin telah menjadikannya sebuah tempat wajib untuk sekedar bersantai bersama teman sampai jadi tempat pilihan saat breakfast, lunch atau malah saat ‘makan malam dadakan'. 


Tapi tahukah anda bahwa cafe memiliki sejarah panjang dari abad ke abad atau seperti apakah awal sejarah kafe bermula? 

Baca Juga : Varian Bakso Ini Punya Bentuk Unik, Mulai Organ Tubuh Vital hingga Kelabang


Konon, Kafe pertama kali dibuka di Constantinopel, ibukota kerajaan Ottoman, Turki pada tahun 1555. Pembukaannya bertepatan dengan terdapatnya sebuah toko yang menyediakan kopi di distrik Tahtakale.


Pada tahun 1669 utusan sultan Mohammed IV berkunjung ke Paris, Perancis, dengan membawa berkarung-karung biji misterius yang nantinya dikenal dengan nama coffee.


Inilah cikal bakal perkembangan cafe di Eropa di abad ke 17, tepatnya di Inggris. Dimana pada bulan Mei 1670 kebiasaan menikmati kopi pada kaum bangsawan Paris telah menjadi mode baru.  


Di tahun 1672 seorang pengusaha muda asal Armenia, yang dikenal dengan nama Pascal menjualnya secara umum, pertama-tama di sebuah pameran besar di Saint Germain dan kemudian di sebuah toko kecil yang berlokasi di Quai de Evole. 


Yang menarik adalah pada jaman itu, wanita di Eropa malah belum diperbolehkan memasuki kafe. Wanita dianggap tabu masuk kafe di Paris dan Inggris


Pada tahun 1839 muncullah kata cafetaria dalam bahasa Amerika English yang berasal dari bahasa Mexican Spanish untuk menyebutkan sebuah kedai kopi.


Lantas, bagaimana perkembangan cafe di Indonesia?

Baca Juga : Buku Kuliner Hindia-Belanda Dibedah di Coffee Times, dari Roti Lidah Eropa Beralih ke Nasi


Ternyata salah satu hal yang mendorong munculnya cafe di indonesia adalah tayangan serial  film Friends yang popular sekitar 1990. 


Dalam film  tersebut kerap ditampilkan adegan pertemuan-pertemuan  antar pemain yang dilakukan di cafe. Semenjak saat itu masyarakat perkotaan di Indonesia mulai menjadikan cafe sebagai tempat nongkrong sekaligus tempat bersosialisasi. Selain itu juga banyak artis yang mendirikan cafe teBnda di berbagai tempat di Jakarta sehingga bisnis cafe semakin merebak tidak hanya di Jakarta tetapi juga di berbagai kota besar di Indonesia.

Diolah dari berbagai sumber

Topik
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru