Videotron kedua yang ada di Kabupaten Malang terletak sangat strategis, yaitu di perempatan jalan raya Kepanjen (07/11).
Videotron kedua yang ada di Kabupaten Malang terletak sangat strategis, yaitu di perempatan jalan raya Kepanjen (07/11).

MALANGTIMES - Videotron yang terpasang di perempatan jalan besar Kepanjen, tepatnya di area Kelurahan Kepanjen, kini (07/11) mulai beroperasi. Sebelumnya, videotron itu menjalani uji coba pada hari Jumat lalu (04/11).

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Videotron kedua setelah yang ada di pendapa Kabupaten Malang di Kepanjen ini dari pantauan Malangtimes dari pukul 08.00 sampai 10.00 WIB memang secara materi masih terbatas. Yaitu masih penayangan informasi dari satlantas mengenai lalu lintas dan tentang cukai rokok.

"Secara materi bertahap karena hari ini (07/11) awal beroperasinya. Kita rencanakan videotron ini menjadi media penyebaran informasi dan program Kabupaten Malang sebagai wujud transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat," kata Kepala Bagian Pengelola Data dan Elektronik (PDE) Sekretariat Daerah Kabupaten Malang Ferry Hari Agung, Senin (07/11).

Keberadaan Vlvideotron menjadi keniscayaan bagi pemda dalam menyebarkan berbagai informasi pembangunan kota kepada warga. Selain sebagai bentuk transparansi, juga merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Selain fungsi yang diamanahkan oleh UU, secara praktis adanya videotron ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam mengetahui berbagai informasi dan capaian kerja pemkab," ujar Budiar Anwar, kepala bagian humas Pemkab Malang yang juga menyampaikan sudah saatnya warga Kepanjen khususnya mendapatkan prioritas media informasi berbentuk videotron ini.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

Budiar menyampaikan, videotron  nantinya juga dil-setting untuk menampilkan kondisi terkini cuaca dan kemacetan, harga jual beberapa komoditas pokok, informasi pengurusan perizinan, pengurusan identititas diri, serta osialisasi program baru pemerintah kabupaten.

"Kami maksimalkan fungsi videotron sebagai wadah penyebaran informasi sehingga masyarakat nantinya juga ikut menjadi pengawas kinerja pemkab," ucap dia.

Sebagai informasi, keberadaan dan operasional videotron ini berada di dua naungan SKPD Malang, yaitu bagian PDE dan bagian humas. (*)