Keren, Kacamata Ini Bisa Kendalikan Tank

Nov 06, 2016 23:13
Ilustrasi: kacamata AR(augmented reality)
Ilustrasi: kacamata AR(augmented reality)

MALANGTIMES - Kacamata sejatinya berfungsi melindungi mata baik dari sinar yang terlalu silau, dari debu ataupun sebagai fashion karena memang sudah tren.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Dengan tren yang berkembang, model dan kecangihan kacamata juga terus meningkat. Dan kacamata pun sekarang bukan hanya sekadar fashion ataupun alat bantu.

Seperti HoloLens buatan dari Microsoft ini. Kecamata ini bukan hanya sekadar aksesoris. Dengan modifikasi, kacamata Augmented Reality bahkan bisa untuk mengendalikan tank.

Modifikasi tersebut telah dilakukan oleh sebuah perusahaan di Ukraina , LimpidArmor dan Ukrinmash.

Dari hasil pengembangan tersebut, lahirlah sebuah kacamata yang menjadi satu dengan helm tempur dengan nama Circular Review System (CRS).

Seperti lansiran  dari Engadget, Minggu (6/11/2016), helm Limpid Armor ini dilengkapi dengan  software khusus dan terhubung dengan kamera optik dan thermal yang diletakkan di berbagai sisi tank yang berfungsi sebagai pandangan bagi pengendali.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Pemakai helm ini bisa memantau keadaan sekitar tank dengan pandangan 360 derajat. Kamera yang dipasang sendiri terdiri dari dua jenis yakni kamera optik untuk melihat pandangan normal, dan untuk melihat dalam kegelapan, digunakan  penglihatan  inframerah dengan menggunakan kamera thermal.

Tangkapan gambar pada kamera akan secara langsung tampak pada kacamata Hololens dengan kualitas resolusi tinggi sehingga tampilan begitu nyata di hadapan mata penggunanya.

Layaknya peralatan militer, kacamata HoloLens yang telah dimodifikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membantu pertempuran dan bisa memberikan suatu tanda untuk membedakan lokasi dari kawan maupun lawan.

Selain itu kacamata ini juga bisa melacak suatu target dengan otomatis dan juga bisa meluncurkan misil ke arah target.

Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru