Android Kian Merajai, Pangsa Pasar IOS Turun

Nov 06, 2016 17:35
Ilustrasi (techradar.com)
Ilustrasi (techradar.com)

MALANGTIMES - Pesona Android yang dulunya sempat beredar kabar diremehkan oleh berbagai kalangan, tampaknya beberapa tahun belakangan ini mulai merajai operasi sistem pada smartphone di seluruh dunia.

Dengan berdasar Linux, Android mampu menjelma menjadi robot raksasa hijau yang saat ini membuat pasar smartphone melonjak tajam, dengan berbagai fitur dan inovasi yang baru.

Berdasar data dari salah satu perusahaan riset Strategi Analytics, pasar smartphone android di kuartal ketiga 2016 mencapai angka  88 persen, dan mengalami kenaikan dari sebelumnya sebesar 84,1 persen dalam periode yang sama tahun lalu.

"Android hadir dengan berbagai vendor yang menggunakan platform tersebut. iOS Apple kehilangan pasar atas android dan turun menjadi 12 persen di seluruh dunia di Q3 2016 karena kinerja yang loyo di China dan Afrika," kata Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, seperti dikutip dari GSM arena

Sementara itu, iOS Apple kehilangan pangsa pasar mereka, Saat ini pasar dari  iOS Apple 12,1 persen mengalami penurunan dari data sebelumnya.

Terkait  pengiriman smartphone Android, dari tahun ke tahun terus tumbuh, dengan angka 10, 3 persen. Sementara untuk iOS terus turun sebesar 5,2 persen.

"BlackBerry dan Microsoft Windows Phone menghilang karena pergeseran strategis, sementara Tizen dan platform negara berkembang lainnya melemah akibat portofolio produk yang terbatas dan dukungan pengembang yang sederhana," tambah dia.

Topik
SmartphoneAndroidiOS AppleBlackBerryMicrosoft Windows Phone

Berita Lainnya

Berita

Terbaru