MALANGTIMES - Kesejukan Kota Malang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Mereka sangat senang mengisi liburan dengan berkunjung ke Kota Pendidikan ini. 

Tak salah jika Kota Malang mendapat julukan Paris van Java, karena keindahan kotanya bagaikan Kota Paris. 

Ini enam alasan yang membuat wisatawan yakin dan suka berlibur ke Kota Malang versi MalangTIMES.

Pertama, wisatawan pasti sangat kagum dan tak ingin melewatkan waktu berkunjung ke Alun-Alun Kota Malang.

Alun-alun yang berada di pusat kota ini menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, mereka akan bisa melakukan beragam aktivitas bermain dan mengabadikan momen dengan berfoto ria. 

Di tempat ini wisatawan bisa menikmati beragam fasilitas mulai permainan, area bersantai, penataan taman yang indah dengan aksesoris payung melayang di udara,  burung merpati berterbangan hingga kolam cantik dihiasi bunga-bunga teratai yang mengambang di atasnya. 

Kini, Alun-Alun Bundar menjadi tempat wisata yang murah dan mengasyikkan. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya membuat tempat ini kian sejuk, asri, dan nyaman. Tak heran jika setiap pagi dan sore banyak orang datang ke sini hanya untuk bersantai sambil menghirup udara segar.

Keindahan area ini kian lengkap karena Alun-alun Kota Malang dikelilingi tempat bersejarah seperti masjid  dan gereja dengan bangunan kolonial Belanda yang arsitekturnya tetap dipertahankan hingga kini. 

Di sekelilingnya juga terdapat pusat perbelanjaan sehingga wisatawan tak perlu bingung mencari kebutuhan yang diinginkan. 

Kedua, wisata yang belakangan booming di Kota Malang yaitu Kampung Warna-Warni Jodipan yang terletak di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Malang. 

Tempat ini, menjadi jujukan wisatawan untuk berfoto berlatar belakang bangunan rumah dengan cat warna-warni.

Kalau di Korea ada Gamcheon Culture Village, di Malang ada Kampung Warna-Warni Jodipan. 

Pemukiman kumuh yang telah disulap menjadi desa cantik ini menjadi penuh warna dan sangat layak untuk dikunjungi. 

Ketiga, tempat penginapan (hotel). Jika berlibur dengan budget terbatas, Anda tidak usah khawatir, karena hotel di Kota Malang tersedia mulai kelas bawah sampai kelas atas harganya ramah di kantong.

Kota Malang memiliki ratusan hotel dengan harga yang bersahabat dan dekat dengan beberpa objek wisata. 

Meskipun harganya murah, penginapan yang ada di sini tetap menyediakan fasilitas yang nyaman. 

Keempat, kuliner dan cafe and resto Kota Malang. Urusan kuliner di Kota Malang tak perlu diragukan lagi. Kota ini memiliki warung dan resto makananan yang enak, seperti Bakso President, Sego Resek, dan Pecel Kawi. Jadi jangan lupa mengunjungi berbagai tempat makan yang unik dan enak di sini.

Kelima, pusat shopping atau belanja (Mall). Kota Malang juga memiliki beberapa  mal besar dengan fasilitas lengkap. 

Pusat pembelanjaan seperti Malang Town Square (Matos), Mall Olympic Garden (MOG), MX Mall, Cyber Mall, Malang Plaza, Gajah Mada Plaza, Araya Plaza, Matahari Departement Store dan Mall Dinoyo City.

Keenam, pusat oleh-oleh khas Kota Malang. Tak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh buat sanak keluarga, teman, atau orang terkasih saat bertandang ke Kota Malang. 

Nah, buat yang ingin berburu segala jenis oleh-oleh khas Malang, Anda dapat berkunjung ke pusat oleh-oleh seperti pusat keripik tempe di  Jalan Sanan, Purwantoro, Kota Malang. 

Termasuk Malang Strudel yang terkenal belakangan ini sebagai pusat oleh-oleh khas Kota Malang yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta 2 Kav 6, Kota Malang. 

Di sini menyediakan berbagai varian rasa makanan yang nikmat seperti choco banana, pineapple, orange, mixfruit, dates, dan masih banyak varian rasa lainnya. 

Lalu, pusat kaos di Soak Ngalam yang menyediakan berbagai jenis kaos, jaket, tas dan aksesoris dengan tulisan boso walikan Malang. 

Kemudian, sentra industri keramik dan souvenir di Dinoyo, Kota Malang. Menyediakan beberapa kerajinan yang terbuat dari keramik juga layak menjadi buah tangan yang bisa Anda bawa sebagai oleholeh buat orang terdekat.

Nah, enam alasan itulah yang membuat Kota Malang selalu dipilih sebagai jujukan wisatawan untuk melepas penat dengan melakukan refreshing bersama keluarga.