Tips Berikut Layak Dicoba bagi Kamu yang Biasa Ambil Video Pakai Smartphone

Nov 06, 2016 12:37
Ilustrasi (teknofans)
Ilustrasi (teknofans)

MALANGTIMES - Sama halnya menggunakan kamera DLSR, melakukan pengambilan gambar atau video melalui smartphone juga memiliki teknik tersendiri untuk mendapatkan hasil dan kualitas gambar yang bagus.

Pengetahuan seputar pengambilan gambar atau video yang bagus inilah yang sebagian besar belum diketahui para pengguna smartphone.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Selama ini mereka terkadang hanya sekadar asal mengambil gambar atau video saja sehingga hasilnya tidak begitu maksimal.

Oleh karenanya sebelum kamu melakukan pengambilan gambar sebaiknya perlu mengetahui beberapa teknik mengambil gambar atau video menggunakan smartphone.

Ada dua cara mengambil gambar melalui smartphone yaitu landscape (horizontal) atau potret (vertikal).

Pengambilan gambar atau video dengan cara landscape dapat memberikan tangkapan bidang yang luas sehingga cocok digunakan untuk mengambil gambar pemandangan atau sekumpulan orang sehingga tampilan terlihat lebih luas.

Sementara, untuk setting gambar potret lebih cenderung digunakan untuk gambar satu objek misalnya merekam wajah sendiri atau objek tunggal tanpa memasukkan objek lain.

Setelah tahu teknik mengambil gambar dengan setting landscape atau potret, maka beralih teknis lain seperti melakukan zooming yang tepat.

Teknik zooming juga dapat dilakukan untuk mengeliminasi benda sekitar objek agar tidak tertangkap oleh kamera. 

Zooming juga juga bisa dilakukan untuk memperbesar objek agar tampak lebih jelas ketika jarak objek berada sedikit jauh.

Baca Juga : Sistem Keamanan Rendah, Data Pribadi Rentan Bocor Saat Rapat Online Pakai Zoom

Namun hati-hati jika hal ini dilakukan pada saat peralihan dari landscape ke potret karena akan mengganggu perspektif perekaman video.

Jika ada objek lain yang berdekatan dengan objek yang jadi fokus perekaman namun tidak mungkin dieliminasi atau dihilangkan maka gunakan teknik framing atau pembingkaian.

Dengan teknik ini gambar akan seolah-olah dibingkai oleh benda-benda singa seperti jendela atau ranting pohon.

Fitur flash sendiri Memang membantu memberikan cahaya ketika melakukan pengambilan video saat malam hari atau di tempat yang minim cahaya. Namun usahakan jangan terlalu sering menggunakan fitur flash.

Untuk membantu memberikan sumber cahaya, gunakan black light. Melalui teknik ini objek bisa dekat dengan sumber cahaya sehingga bisa terlihat jelas meskipun penerangan cahaya tidak merata.

Demikian beberapa tips merekam gambar dan video yang berhasil malangTIMES rangkum dari beberapa sumber, semoga bermanfaat. Selamat mencoba !!.

Topik
tips merekam video dengan smartphonetips merekam video dengan hpteknik pengambilan video yang baik dan benar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru