Aplikasi Smartphone Anda Bermasalah? Coba Lima Tips Ini

Nov 05, 2016 21:24
Tampilan aplikasi android yang bermasalah
Tampilan aplikasi android yang bermasalah

MALANGTIMES - Anda pastinya jengkel ketika sedang mengerjakan sesuatu pada smartphone misalnya mengetik atau kegiatan lainnya, begitu akan selesai namun tiba-tiba aplikasi itu menutup dengan sendirinya.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Bisa jadi terjadi ada masalah pada software smartphone Anda. Dan terkadang tak semua aplikasi dapat berjalan mulus ketika software Anda bermasalah.

Salah satu notifikasi yang paling sering terlihat ketika aplikasi bermasalah adalah tulisan 'Unfortunately, (App) has Stopped Error'.

Ini jelas merupakan peristiwa paling menyebalkan, terlebih bila aplikasi yang bermasalah adalah aplikasi penting dan sering Anda gunakan. Oleh karenanya berikut tips yang MalangTIMES rangkum dari berbagai sumber ini layak untuk Anda coba :

1. Clear Cache

Cache merupakan lokasi penyimpanan data dari aplikasi yang sering digunakan. Karena cache membuat pengaksesan aplikasi menjadi lebih cepat

Oleh karenanya, jika terjadi masalah dengan aplikasi, bisa jadi cache penuh, karena memang terbatas. Maka solusi awal adalah membersihka cache terlebih dahulu 

Untuk menghapus cache buka 'Settings' dan pilih 'Apps'. Lalu cari aplikasi yang bermasalah dan buka 'Storage'. Setelah terbuka, ketuk 'Clear Cache' untuk membersihkan cache, dan coba buka aplikasi lagi.

2. Setel Ulang Aplikasi

Cara lain yang dapat dilakukan jika penghapusan cache tadi tidak berhasil adalah dengan menyetel ulang aplikasi.

Tetapi jika Anda ingin menyetel ulang aplikasi, sebelumnya ada baiknya lakukan pencadangan data, karena nantinya akan hilang ketika aplikasi di-clear data.

Cara menyetel ulang aplikasi adalah dengan membuka 'Settings' dan Apps'. Pilih aplikasi yang bermasalah, setelah terbuka, ketuk 'Clear Data'.

3. Pasang Ulang atau Perbarui Aplikasi

Jika dengan clear data belum berhasil, coba dengan menginstal ulang  aplikasi. Uninstall aplikasi lalu pasang kembali. Selain itu pastikan juga apakah ada pembaharuan dari aplikasi itu.

4. Pasang Versi Lama dari Aplikasi

Memperbarui aplikasi memang belum tentu menyelesaikan masalah. Terkadang aplikasi yang sudah diperbarui tidak cocok dengan jenis android smartphone Anda. Oleh karenanya sesuaikan aplikasi yang cocok dengan smarphone Anda.

5. Lakukan Factory Reset

Langkah terahkir, jika cara-cara di atas memang belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka lakukan Factory Reset atau memformat penyimpanan.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Jadi aplikasi serta semua data-data pesan, kontak maupun foto yang tersimpan pada smartphone akan terhapus. Oleh karenanya sebelum melakukan format, sebaiknya Anda melakukan back up terlebih dahulu.

Cara melakukannya, buka 'Settings' dan pilih 'Backup & Reset'. Kemudian pillih 'Factory Reset' sehingga smartphone Anda akan kembali seperti kondisi ke pengaturan awal atau setelan pabrik.

Demikian tips-tips yang berhasil dirangkum MalangTIMES untuk membantu masalah Anda seputar smartphone, semoga membantu dan selamat mencoba !

Topik
AndroidFactory ResetPerbarui Aplikasisetel ulangClear Cache

Berita Lainnya

Berita

Terbaru