7 Cara Agar Kuota 4G Tetap Hemat

Nov 04, 2016 06:21

MALANGTIMES - Saat ini teknologi digital sudah mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini salah satunya ditandai dengan meningkatnya jaringan 4G yang lebih diunggulkan dalam perangkat smartphone kita, daripada 3G.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Memang 4G memiliki beberapa kelebihan dibanding 3G apalagi mengenai kecepatan internetnya.

Namun, pecinta gadget dan internet masih was-was dengan penggunaan kuota data yang boros pada 4G. 

Nah, maka dari itu inilah 7 cara agar kuota pada jaringan 4G tetap hemat dan tidak menghabiskan data dilansir dari okezone.com.

1.  Pakailah Aplikasi Browser yang Ringan
Browser bawaan android seperti chrome, firefox dan browser default biasanya lebih banyak memakan kuota daripada browser ringan. 

Aplikasi browsing yang ringan seperti UC Browser dan opera mini akan jauh lebih baik untuk menghemat di smartphone Anda.

2.  Matikan Mobile Data Saat Tidak Digunakan
Ada baiknya, Anda tidak menggunakan internet sepanjang waktu. 
Pasalnya, gelombang elektromagnetik dari sinyal internet dapat memengaruhi kesehatan. 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan penghematan data. Matikan mobile data disaat anda sedang tidur sepanjang malam atau disaat Anda sedang beraktivitas. 

Selain menghemat data, Anda juga akan lebih fokus pada apa yang Anda kerjakan dan meminimalisir sinyal internet yang berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

3.  Gunakan Data Saver
Di setiap browser, biasanya terdapat fitur Data Saver. Fitur ini dapat menekan konsumsi bandwith di smartphone secara drastis.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

4.  Mengatur Batas Penggunaan Data
Agar pemakaian data internet lebih terkontrol, Anda dapat mengaktifkan batas pemakaian data. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna akan diberikan notifikasi jika pemakaian data telah melebihi batas.

5. Matikan Fitur 'Auto-Update Apps'
Pada pengaturan normal, biasanya smartphone Android akan memperbarui aplikasi secara otomatis. Anda dapat mematikan fitur tersebut di Play Store. Sebaiknya, Anda hanya memperbarui aplikasi dengan jaringan wifi.

6. Mengurangi Penggunaan Aplikasi Jejaring Sosial
Aplikasi jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter, path, line, dan semacamnya tidaklah menghabiskan data yang sedikit, melainkan Anda secara tidak sadar akan menguras kuota perlahan-lahan. 

Tidak hanya kerugian itu saja, smartphone anda akan cepat kehabisan baterai dan RAM. Usahakan untuk tidak mendownload aplikasi jejaring sosial tersebut jika anda bisa membukanya pada browser ringan, seperti facebook contohnya.

7.  Maksimalkan Penggunaan Wifi
Wifi sekarang sudah merajai hampir seluruh tempat umum di Indonesia. Bahkan di taman saja tersedia wifi. 

Daripada menggunakan mobile data di tempat-tempat berfasilitas wifi, lebih baik mengganti smartphone ke mode wifi agar dapat menghemat data.

Ingin streaming video pun jadi tidak khawatir kuota kan.

Topik
Tips Menghemat KuotaKuota 4GTips dan TrikGadget

Berita Lainnya

Berita

Terbaru