Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Makam Pembuat Topeng Malangan Sengaja Dirahasiakan, Ada Apa?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Redaksi

30 - Oct - 2016, 14:21

Yudit Pradananto, salah satu penggagas acara Temu Topeng (Foto : Anggara/MalangTIMES)
Yudit Pradananto, salah satu penggagas acara Temu Topeng (Foto : Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Topeng Malangan, topeng yang sudah terkenal  seantero negeri memang punya nilai seni tinggi. Namun selama ini pasti masih belum banyak yang tahu siapa pembuat pertamanya.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Ketidaktahuan masyarakat tentang siapa pembuat Topeng Malangan ini salah satunya disebabkan karena makam pembuat topeng ini dirahasiakan oleh keluarganya.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu penggagas acara temu topeng Yudit Pradananto.

Menurutnya, makam Mbah Reni pembuat topeng malangan pertama sengaja dirahasiakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tahun 2011 baru ditemukan makam tersebut. Sengaja dirahasiakan menghindari hal yang melenceng seperti pemujaan dan lainnya yang memang tidak baik. Kalau topengnya saya yang terahkir membawa," terang Yudit. 

Ditambahkan, keluarga Mbah Reni sendiri juga berpesan nantinya makam itu semakin lama juga semakin banyak masyarakat yang tahu. 

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Nanti juga tahu sendiri kalau makam itu adalah makamnya Mbah Reni, pembuat Topeng Malangan pertama," ujar Yudit. 

Namun ketika MalangTIMES mencari keluarga Mbah Reni, pihak panitia mengatakan keluarga Mbah Reni tidak ada yang hadir dalam acara tersebut.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Sri Wahyuni yang mengaku sangat mengapresiasi penetapan situs budaya makam Mbah Reni tersebut.

"Ya ini kan semakin menambahkan kekayaan budaya Kota Malang. Masyarakat pasti semakin bangga karena tahu pembuat Topeng Malangan ada di sini," tandasnya.


Topik

Peristiwa Topeng-Malangan Mbah-Reni Pembuat-Topeng-Malangan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Redaksi