Bupati Malang Dr Drs Rendra Kresna BcKU, SH, MM (kiri) bersama dengan pengusaha Rusia Olga Bagryantseva (tengah), dan Atase Perdagangan KBRI Rusia Heryono Hadi Presetyo saat di Moskow. Rabu (26/10/2016) besok, Olga dan Heryono melihat langsung potensi Kab
Bupati Malang Dr Drs Rendra Kresna BcKU, SH, MM (kiri) bersama dengan pengusaha Rusia Olga Bagryantseva (tengah), dan Atase Perdagangan KBRI Rusia Heryono Hadi Presetyo saat di Moskow. Rabu (26/10/2016) besok, Olga dan Heryono melihat langsung potensi Kab

MALANGTIMES - Potensi Kabupaten Malang benar-benar menjadi buruan pengusaha Rusia. Mereka sangat tertarik dengan semua potensi yang ada di Kabupaten Malang. Mulai dari potensi agrobisnis, furniture, kerajinan kulit, makanan olahan, hingga produk usaha kecil menengah.

Saking seriusnya, Olga Bagryantseva, salah satu pengusaha ternama di Vladivostok, Rusia, Rabu (26/10/2016) besok, berencana datang ke Malang. Dia datang ke Malang dengan didampingi Atase Perdagangan KBRI Rusia Heryono Hadi Prasetyo.

Kunjungan pejabat KBRI Rusia ke Malang ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada Minggu lalu, tepatnya 18 Oktober 2016, rombongan KBRI dipimpin langsung Duta Besar RI untuk Rusia Muhammad Wahid Supriyadi juga sudah melihat langsung potensi Kabupaten Malang.

Bupati Malang Dr Drs Rendra Kresna BcKU, SH, MM menjelaskan, kedatangan para pejabat KBRI Rusia dan pengusaha Rusia merupakan hasil nyata dari keiikutsertaan pemerintahannya dalam mengikuti pameran di Moskow pada 20-21 Agustus 2016 lalu. Dan hasilnya, ternyata produk-produk dan potensi Kabupaten Malang disenangi dan digandrungi warga Rusia.

"Saya berharap ada kerja sama antara Kabupaten Malang dengan Rusia yang merupakan salah satu negara besar di dunia. Pasar Rusia merupakan salah satu pasar besar yang bisa disasar warga Kabupaten Malang. Dengan adanya kerja sama yang baik dengan Rusia, maka akan ada perbaikan ekonomi bagi warga Kabupaten Malang," ujar Rendra.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang Tomie Herawanto menjelaskan, pengusaha yang akan memantau langsung adalah orang yang mempunyai Indonesian House di Vladivostok, Rusia bagian timur.

Indonesian House ini menampung semua komoditas yang ada di Indonesia. Ada beberapa tempat yang akan dipantau oleh pengusaha Rusia. Di antaranya adalah Kebun Teh Wonosari, kerajinan kulit dan furniture di Singosari, serta melihat langsung perkebunan dan produk kopi di Dampit.

Seperti diketahui, Dampit merupakan salah satu penghasil Java Coffee terbaik di Kabupaten Malang. Selain Dampit, daerah penghasil Java Coffee adalah Sumbermanjing Wetan, Ampelgading, dan Tirtoyudo.