Tips Sederhana Ini Penting Agar Smartphonemu Tak Rawan Meledak

Oct 23, 2016 15:51
Smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar (Foto via uswitch.com)
Smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar (Foto via uswitch.com)

MALANGTIMES - Belakangan ini banyak kasus smartphone  berasap, terbakar, hingga meledak di berbagai negara. Kasus ini sering menjadi viral di berbagai media.

Banyak yang menduga hal itu disebabkan adanya peningkatan fitur, kapasitas baterai yang lebih besar, ditambah dengan berbagai teknologi pengisian daya cepat.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Seringkali pengguna smartphone mengalami kepanasan atau overheating pada smartphonenya saat digunakan. entah saat bermain game, memutar video dan yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari smartphone kesayangan Anda kepanasan atau bisa jadi meledak perhatikan tips berikut :

1. Lepaskan Casing Smartphone

Menggunakan casing pada smartphone ternyata juga bisa membuat hawa panas, Hal ini disebabkan karena hawa panas yang ditimbulkan oleh kinerja dari smartphone tertahan karena tidak ada celah untuk udara masuk.

Oleh karenanya lepaskan casing ketika mengoperasikan atau melakukan pengecasan sehingga potensi overheating bisa dihindari.

2. Dilarang Mengisi Daya Smartphone Semalaman

Nah inilah yang biasanya dilakukan oleh banyak pengguna smartphone ketika akan tidur yakni menancapkan pengisi daya pada smartphonenya sampai pagi hari.

Ternyata ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sebab akan mengakibatkan rusaknya perangkat yang berfungsi melakukan efisiensi baterai.

Dengan mengisi daya terlalu lama juga akan membuat perangkat menjadi overheating, dan memperbesar potensi untuk meledak.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Jika kamu sedang berada di bawah terik matahari sebaiknya jangan mengoperasikan smartphone di bawah paparan sinar matahari langsung.

Hal ini juga bisa menyebabkan overheating pada bagian komponen smartphone dan juga bodi smartphone. Kinerja berat aplikasi akan menambah hawa panas pada smartphone.


4. Jangan Gunakan Baterai dan Charger Merk Lain 

Hal ini juga sering terjadi ketika kita ketinggalan chargeri dan meminjam pengisi daya smartphone milik orang lain walaupun itu beda merk. Rupanya hal ini juga berpengaruh pada overheating smartphone. 

Sebab daya yang dihasilkan dari tiap merk atau pengisi daya pihak ketiga berbeda dengan charger bawaan smartphone disebut. Oleh karenanya sebisa mungkin hindari hal tersebut.

Topik
Tips Mengatasi Handphone Meledak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru