Ini Cara Maksimalkan Smartphone Android

Oct 14, 2016 19:33
Foto: http://www.instagram.com/9to5technews)
Foto: http://www.instagram.com/9to5technews)

MALANGTIMES - Sebagai sistem operasi yang mudah dikustomisasi, Android pasti akan mengalami kendala juga dengan seiring waktu penggunaan. 

Agar Anda dapat mengatasi sistem operasi Android yang makin melambat, dikutip dari laman Lifehacker, ini dia tiga tips jitu agar smartphone Android Anda bekerja maksimal. 

Sebelum mencoba tips yang disajikan, Anda harus mengetahui kemampuan hardware telpon pintar Anda. Tips pertama, pastikan  sistem operasi Android smartphone Anda versi terbaru, ini dikarenakan pembaruan versi berarti banyak perbaikan bugs dan optimalisasi hardware lebih baik lagi. 

Dengan pembaruan ini, smartphone Anda akan lebih stabil, lebih cepat dan perbaikan koneksi jaringan, dan manajemen RAM yang lebih baik dari versi sebelumnya. Perlu diingat, setiap aplikasi yang Anda install pasti akan memakan 'jatah' ruang penyimpanan memori dan RAM yang tak kecil. Hal ini akan berdampak dengan performa smartphone yang semakin melambat.

Kedua, usahakan untuk meng-instal aplikasi yang diperlukan saja. Kebanyakan ponsel Android sudah terpasang aplikasi bawaan atau yang dikenal sebagai bloatware.
Bloatware tidak akan bisa Anda hapus atau uninstall dengan cara biasa, aplikasi bawaan ini hanya bisa dihapus bilamana ponsel Android telah di root.

Tips ketiga ialah menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu. Kebanyakan aplikasi yang Anda pasang di ponsel akan tetap berjalan dibackground untuk melakukan proses sinkronisasi, menentukan lokasi via GPS, dan lainnya.

Tak hanya menguras baterai, proses ini juga membebankan kinerja RAM sehingga membuat ponsel Anda nge-lag. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan. Perlu diingat menonaktifkan aplikasi yang beroperasi berbeda dengan menghapus aplikasi.

Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan, dengan membuka menu Settings> Application> App manager. Pilih aplikasi dan tekan tombol 'Disable'.

Jika ponsel Anda menggunakan OS Android Lollipop atau sebelumnya, Anda bisa menonaktifkan aplikasi dengan menekan tombol navigasi Recent Apps di ponsel kamu (tekan tombol home yang lama), kemudian geser ke kiri atau ke kanan untuk menutup aplikasi yang masih terbuka. (*)

Topik
Maksimalkan AndroidSmartphone

Berita Lainnya

Berita

Terbaru