kongkalikong ilustrasi

kongkalikong ilustrasi


Pewarta

Heryanto

Editor


KPK Awasi Kongkalikong Pejabat Malang Raya

JATIMTIMES - KPK rupanya tak mau main-main menangani kasus upeti dalam pembahasan perubahan APBD 2015 di Kota Malang. Sebab, kasus upeti ini sepertinya sudah menjadi tradisi di kota yang memiliki lima kecamatan tersebut.

Karenanya, dalam kasus upeti kali ini, KPK sudah memanggil belasan anggota DPRD Kota Malang dan beberapa pejabat eksekutif Pemkot Malang yang ditengarai terlibat atau mengetahui adanya praktik kotor kongkalikong ini.

Beberapa anggota legislatif sudah diperiksa sejak Juni lalu secara bergiliran. Mereka dimintai klarifikasi mengenai mekanisme dan pembahasan APBD maupun perubahan APBD di Kota Malang. 

Berdasarkan sumber JATIMTIMES, belasan anggota dewan dan eksekutif tersebut dipanggil khusus dimintai keterangan soal pembahasan perubahan APBD 2015. Masih menurut sumber tersebut, para wakil rakyat dan pejabat eksekutif itu dimintai keterangan oleh divisi penindakan KPK. 

"Tak hanya dimintai keterangan soal mekanisme perubahan APBD 2015, mereka juga dimintai keterangan soal adanya rekaman buceng antara legislator dengan pejabat eksekutif," ucap sumber yang mewanti-wanti namanya minta dirahasiakan.

Kata buceng muncul dalam rekaman antara Ketua DPRD Kota Malang Arief Wicaksono dengan salah satu kepala dinas di lingkungan Pemkot Malang. Buceng itu sendiri dalam masyarakat Jawa adalah sejenis tumpeng. Bedanya, buceng itu kerucutnya lebih kecil jika dibandingkan dengan tumpeng.

Dalam rekaman tersebut, lanjut sumber JATIMTIMES, Arief dan kepala dinas awalnya saling menanyakan kabar. Arief memanggil salah satu kepala dinas itu dengan sebutan Gus, sedangkan Arief sendiri dipanggil Syeh oleh lawan bicaranya tersebut.

Pada pembicaraan selanjutnya, Arief juga meminta kepada kepala dinas itu untuk segera mengantarkan buceng ke rumah dinasnya. Sedangkan kepala dinas menjawab bahwa buceng segera diluncurkan, dan dia saat ini masih dalam perjalanan.

Kata-kata isyarat buceng ini modusnya hampir mirip dengan kata isyarat Apel Washington ala Angelina Sondakh ketika masih menjadi anggota DPRRI saat meminta upeti.Kasus buceng sendiri, sampai saat ini masih terus diselidiki KPK.

"Kasusnya masih terus berlanjut. Saya sendiri juga pernah diperiksa KPK. Saat itu, saya didengarkan suara rekaman mengenai buceng. Namun, ketika diperiksa KPK, saya berbohong. Saya menyatakan bahwa saya tidak mengenal suara dalam rekaman. Padahal, saya tahu jelas dan mengenal suara keduanya," terangnya.

Sumber tersebut juga menjelaskan, didengarkan beberapa rekaman lagi pembicaraan antara ketua dewan dengan beberapa kepala SKPD lainnya. 

Berikut beberapa nama legislator Kota Malang yang sudah dipanggil KPK terkait pembahasan perubahan APBD 2015:
- Ketua DPRD Kota Malang Arief Wicaksono
- Wakil Ketua DPRD Kota Malang Wiwik Hendri Astuti
- Wakil Ketua DPRD Rahayu Sugiharti
- Wakil Ketua DPRD Zainuddin
- Ketua Komisi A Sulik
- Ketua Komisi B Abdul Hakim
- Ketua Komisi C Bambang Sumarto
- Ketua Komisi D Imam Fauzi
- Anggota Komisi C Abdurrahman
- Anggota Komisi C Subur Triono
- Ketua Badan Legislasi Yaqud Ananda Gudban
- Ketua Fraksi PDIP Suprapto
- Ketua Fraksi Gerindra Slamet
- Ketua Fraksi PAN Mohan Katelu
- Anggota Komisi D Yudis Tri Yudiani
- Anggota Komisi B Bambang Triyoso
- Anggota Komisi C Sugiharto
- Anggota Komisi D Choirul Amri

End of content

No more pages to load