kongkalikong ilustrasi
kongkalikong ilustrasi
KPK Awasi Kongkalikong Pejabat Malang Raya

JATIMTIMES - Di Malang Raya ini banyak kasus korupsi yang sedang diawasi KPK. Bahkan, beberapa di antaranya sudah diperiksa oleh lembaga antirasuah. 

Kasus yang saat ini sedang getol diselidiki KPK adalah rekaman antara beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Malang dengan oknum pejabat teras di DPRD Kota Malang.

Rekaman tersebut berisi tentang bagaimana pemberian upeti dalam pembahasan perubahan APBD 2015 lalu. Dalam rekaman tersebut, pejabat legislatif dan eksekutif mempunyai istilah sendiri untuk menyebut upeti. 

Jika mantan anggota DPR RI Angelina Sondakh menyebut upeti dengan istilah Apel Washington, oknum pejabat dewan dan eksekutif di Kota Malang menyebutnya dengan istilah Buceng. 

Buceng dalam masyarakat Jawa untuk mengistilahkan sejenis nasi tumpeng, namun kerucutnya lebih kecil jika dibandingkan dengan tumpeng.

Untuk mendalami kasus tersebut, KPK sudah memeriksa setidaknya 16 anggota dewan dan beberapa pejabat eksekutif Pemkot Malang. 

Mereka dipanggil secara bertahap sejak awal Juni 2016 lalu. Ada yang diperiksa satu kali, tapi ada juga yang sudah dipanggil dua kali ke KPK untuk dimintai keterangan.

Menurut sumber JATIMTIMES yang meminta namanya dirahasiakan, anggota dewan dan pejabat 
eksekutif yang dipanggil sudah didengarkan rekaman tersebut oleh KPK pada saat diperiksa dahulu.

Hanya saja, ketika diperiksa KPK, mereka membantah mengenal suara yang ada dalam rekaman. 
Tulisan ini merupakan mukadimah atau pembuka dari laporan khusus yang  dibuat secara berseri oleh JATIMTIMES, media online berjejaring terbesar di Indonesia. 

Kami sudah mewawancarai beberapa narasumber, mulai dari anggota DPRD Kota Malang yang pernah diperiksa, kepala SKPD di lingkungan Pemkot Malang, hingga komisioner KPK.