Mahasiswa, Jangan Anggap 7 Hal Ini Sepele!

Oct 09, 2016 01:37
Illustrasi via radarkampus.com
Illustrasi via radarkampus.com

MALANGTIMES - Masa perkuliahan adalah masa dimana mahasiswa merasakan kebebasan yang lebih dibanding masa-masa sekolah dulu.

Tapi karena kebebasan tersebut, terkadang justru tidak membuat mahasiswa lebih bertanggungjawab dan berhati-hati terhadap beberapa hal.

Bahkan untuk hal yang dianggap sepele sekalipun. Berikut adalah beberapa hal sepele yang sering membuat mahasiswa kelimpungan:

1.  Absensi

Hal satu ini memang terlihat remeh. Tapi jika mahasiswa melewatkan absensi lebih dari jatah yang ditentukan, bisa jadi mahasiswa di blacklist dari ujian akhir semester lho.

Dosen tentu tidak akan menelepon orang tuamu dan menanyakan mengapa hari ini kamu tidak hadir di perkuliahan.

Hal seperti ini masih saja sering terjadi di perkuliahan, karena mahasiswa merasa memiliki jatah bolos. Nggak tahunya mereka sudah melebihi jatah itu. Yang merasa sering melewatkan absensi, hayoo ngaku??

2.   Keterlambatan

Di awal perkuliahan dosen pasti akan menjelaskan kontrak perkuliahan.

Di sana akan disepakati tentang peraturan-peraturan keterlambatan, pengumpulan tugas, pembentukan ketua kelas, dan lain-lain.

Ingat dan catat semua hal di kontrak perkuliahan tersebut! Pastikan kamu tidak datang terlambat dari jam yang ditentukan di kontrak perkuliahan, atau kehadiranmu sia-sia.

Kenapa sia-sia? Karena bisa jadi kamu tidak diperbolehkan masuk kelas, atau kamu boleh mengikuti perkuliahan tapi kamu tidak boleh mengisi absensi. Nah lho..

3.  Mencatat

Kebanyakan dosen akan mengeluarkan soal ujian dari materi yang telah dijelaskan, bukan hanya materi yang ada dalam powerpoint.

Mencatat bukan berarti copy paste ya. Jangan suka copy materi dan menyimpannya saja.

Catatlah inti-inti penjelasan dosen, hal-hal baru dan pengetahuan baru akan kamu dapatkan lebih dari materi yang ada dalam silabusmu.

Penjelasan dosen dalam kelas sangat penting, terkadang penjelasan tersebut akan keluar dalam ujian.

4.  Join Grup Kelas

Siapa bilang media sosial hanya untuk chating, curhat, dan pamer foto? Sekarang media sosial dapat membantumu berbagi informasi seputar perkuliahanmu.

Bergabung dalam grup media sosial universitas, fakultas, atau jurusanmu sangat membantu dalam berbagi informasi mahasiswa.

Follow juga akun media sosial kelasmu, karena informasi seputar tugas, kehadiran, dan seputar materi perkuliahan semua ada disitu.

5.   Membuat Salinan File Penting

Hal sepele yang satu ini, sering sekali membuat mahasiswa kesusahan. Apalagi jika sedang kena apes.

Bayangkan saja semua file penting tugas kuliah dan skripsimu hilang tiba-tiba hilang entah karena virus, kesalahan yang tidak kamu sengaja, atau laptop/komputermu mengalami kerusakan.

Usahamu selama ini akan sia-sia. Nah untuk mengantisipasi hal itu, jangan lupa selalu menyalin file penting.

Salin dalam flashdisk, email, atau bisa juga dalam komputer temanmu. Jadi disaat genting, kamu tidak akan kesusahan kehilangan file pentingmu.

6.  Siap P3K

Mahasiswa diawal-awal semester pasti membutuhkan ini. Apalagi untuk mahasiswa perantau.

Diawal kuliah jadwal masih padat ditambah dengan kegiatan UKM yang kamu ikuti, serta tubuh yang masih beradaptasi dengan lingkungan baru, akan rentan terserang penyakit ringan apalagi jika tubuh kelelahan.

Sebelum badan tidak bersahabat, mending diantisipasi dengan siaga P3K di kamarmu. Nanti kalau sakit, jatah absenmu akan berkurang..

7.  Mengatur Waktu

Membuat note ataupun memo “what to do” list itu perlu untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

Jangan terlalu santai dan bermain-main hingga lupa tugas. Akhirnya tugas dikerjakan dalam waktu semalam dan “asal-asalan yang penting ngumpulin”.

Begitupun saat ujian, belajar disaat-saat terakhir menjelang ujian karena waktu habis untuk bersenang-senang. Pada akhirnya kamu akan menyesal saat nilai semestermu keluar.

Topik
masa perkuliahan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru