Hebat, Kota Malang Terpilih 5 Kota di Asia dengan Udara Terbersih

Oct 07, 2016 16:17
Kota Malang termasuk daerah yang udaranya segara di Asia Tenggara. Alun-Alun Tugu dilihat dari udara. (Foto: iwantantomi.wordpress.com)
Kota Malang termasuk daerah yang udaranya segara di Asia Tenggara. Alun-Alun Tugu dilihat dari udara. (Foto: iwantantomi.wordpress.com)

MALANGTIMES - Kesejukan dan keasrian Kota Malang selama ini sudah dikenal di mancanegara. Nama Kota Malang bakal semakin berkibar untuk kebersihan udara setelah kota yang memiliki lima kecamatan tersebut dipilih sebagai lima kota yang mempunyai udara paling bersih di Asia.

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

Selain Kota Malang, empat kota lainnya yang masuk kategori kota terbersih udara di Asia adalah Kota Baguio, Kota Iloilo, dan State Rosa in Laguna (ketiga kota tersebut berada di Philipinna). Sedangkan satu kota lainnya adalah Kathmandu di Nepal.

Dengan dipilihnya kota Malang, maka kota yang dipimpin Wali Kota Malang Moch. Anton tersebut ditunjuk menjadi area pilot (the pilot areas) sekaligus mendapatkan sertifikasi udara bersih. 

"Penghargaan (sertifikasi) kota dengan udara bersih ini diberikan oleh sebuah lembaga non pemerintahan atau NGO (non government organization) yakni The Clean Cities Air Partnership Program (CCAP) yang diinisiasi oleh Clean Air Asia," ujar Agus Edy Putranto, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang.

Mantan Kasatpol PP Kota Malang tersebut menjelaskan, penghargaan rencananya akan diberikan kepada Wali Kota Malang Moch. Antom pada Rabu, 12 Oktober 2016, saat Eksekutif direktur Clean Air Asia berkunjung ke Kota Malang.

"Kami merasa bangga dan kebanggaan ini adalah kebanggaan seluruh warga Kota Malang. Karena dunia internasional memperhatikan kota ini," kata Anton.

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

Penghargaan sebagai kategori udara terbersih, tambah Anton, juga merupakan buah dari komitmen bersama untuk terus mengasrikan dan menpercantik wajah kota (taman), menggalakkan penghijauan, termasuk mengharuskan mahasiswa baru untuk menyumbangkan bibit tanaman.

Selain itu, pemkot juga terus menciptakan dan menjaga pro lingkungan seperti kampung yang asri dan bersinar seperti Glintung Go Green, membudayakan sekolah sekolah hijau, serta ragam gerakan hijau dan bersih lainnya. 

"Penghargaan ini tak mungkin bisa tercapai tanpa ada kesadaran dari masyarakat, dan kerja keras dari pemerintah," ucap Abah Anton.

Anton menyatakan, tentu banyak elemen dan syarat yang membuat Kota Malang terpilih menjadi salah satu kota terbersih udaranya di Asia. "Kota ini mampu mengalahkan kota-kota lainnya di Indonesia dan Asia. Ini membuktikkan bahwa Kota Malang sangat komit dalam menjaga lingkungan," pungkas Anton.

Topik
Kota MalangUdara Terbersih

Berita Lainnya

Berita

Terbaru