Ini Keuntungan 4G LTE di Era Digital

Oct 07, 2016 15:54
Seminar Enterpreneur XL di Universitas Brawijaya Malang, Kamis (6/9/2016) (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)
Seminar Enterpreneur XL di Universitas Brawijaya Malang, Kamis (6/9/2016) (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Saat ini, Indonesia memiliki penduduk terbesar ke empat di dunia dengan 70% berada pada usia produktif yaitu sekitar umur 15 sampai 55 tahun.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Walaupun begitu, koneksi internet di Indonesia hanya mencapai 50% saja. Padahal akses internet paling banyak melalui telepon seluler(hp) yang mengharuskan tersedianya akses internet dimanapun dan kapanpun mereka berada.

Rahmadi Mulyohartono selaku vice president XL LTE dalam Seminar Enterpreneur XL yang di gelar di Universitas Brawijaya, Kamis (6/10/2016) kemarin mengatakan dalam presentasinya bahwa baru 30% yang menggunakan smartphone dengan 25% diantaranya sudah berjaringan 4G dan 75% masih berjaringan 3G.

Dengan kondisi tersebut, koneksi internet di Indonesia masih terbilang belum merata. Nah, untuk meratakan dan memudahkan akses internet pada pengguna telepon seluler (hp) di era yang serba digital, 4G sekarang mulai merajai pasaran smartphone di Indonesia dan hadir dengan keuntungan-keuntungan yang lebih banyak dibandingkan teknologi sebelumnya yaitu 3G dan 2G.

Lalu apa itu LTE? LTE merupakan singkatan dari “Long Term Evolution”. Ini adalah standarisasi dari 4G yang bersifat komersial yang berasal dari Swedia. Terdapat dua standarisasi komersial 4G yang di akui dunia yaitu LTE (Swedia) dan WiMAX (Korea Selatan).

Beberapa keuntungan jika kita beralih menggunakan 4G adalah kecepatan internetnya tinggi dan broadbandnya di mana-mana sehingga kita dapat mengakses internet dimanapun dan kapanpun.

Kecepatan internet yang tinggi ini kemudian dapat memiliki banyak keuntungan salah satunya dapat menjadi media untuk usaha.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Penjualan via internet dapat menjadi salah satu media usaha dengan daya saing lebih. Dimana kita dapat bersaing berjualan dengan tanpa batas dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Keuntungan lainnya yaitu harga data internetnya relatif sama bahkan lebih murah dari data internet 3G, tentunya dengan kualitas yang berbeda dari 3G.

Sekarang adalah saatnya berinovasi dan berkarya dengan media digital. Jadi, mari bersama-sama kita memanfaatkan teknologi untuk menghidupkan impian kita.

“Saya berharap teman-teman mahasiswa dapat terinspirasi untuk berinovasi dan saya yakin mahasiswa di Malang memiliki animo yang tinggi terhadap dunia digital.” Kata pak Rahmadi Mulyohartono.

Topik
Seminar Enterpreneur XLUniversitas BrawijayaXL LTE

Berita Lainnya

Berita

Terbaru