Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ruang Mahasiswa

MABA Wajib Tahu 4 Hal Sebelum Memilih UKM yang Tepat

Penulis : Ajeng Mutiara Tomy - Editor : Redaksi

03 - Oct - 2016, 18:15

Gedung UKM di Universitas Brawijaya Malang (UB) (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)
Gedung UKM di Universitas Brawijaya Malang (UB) (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagi mahasiswa baru (MABA) kuliah menjadi hal yang baru. Begitu juga dengan kegiatan kampus seperti ekstrakulikuler atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Baca Juga : Mahasiswa di Malang Kritik Aksi Perusak Lingkungan Lewat Lukisan

Banyak sekali pilihan UKM di kampus seringkali membuat kamu yang masih MABA kebingungan mana yang harus dipilih. Agar tidak bingung milih, yuk simak empat tips berikut ini:

Pertama, pilih UKM sesuai bakat dan minat kamu. Misalnya kamu punya minat di bidang film atau fotografi namun saat SMA hanya bisa mengikutinya pada komunitas di kota, maka saatnya sekarang kamu mengembangkan bakatmu itu di UKM yang sesuai di kampusmu.

Kedua, sesuaikan dengan kemampuan dan jadwal kuliah kamu. Para MABA biasanya memiliki jadwal kuliah yang padat dengan berbagai tugas.

Oleh karena itu, sesuaikan pilihan UKM kamu dengan kemampuanmu, pikirkan apakah kamu dapat mengimbangi kuliahmu dengan aktif  berkegiatan di kampusmu.

Ketiga, jangan bergabung dengan UKM hanya karena ikut-ikutan. Masuk UKM baru, kamu juga akan bertemu dengan banyak teman baru.

Baca Juga : FSP Moodier, Inovasi Parfum Karya Mahasiswa UM dengan Wadah Fidget Spinner

Jangan terpaku dengan teman sekelasmu hanya karena takut tidak ada teman yang bersamamu pada minat yang sama.

Keempat, cobalah hal yang baru. Kamu pasti sudah pernah mengikuti beberapa ekskul di sekolahmu kan? Misalnya basket, sepakbola, bulutangkis, menari, jurnalistik dan lainnya.

Kamu bisa saja mengikutinya lagi di universitas, tetapi jika kamu menyukai sesuatu yang menantang, beberapa option berbeda seperti memanah, menembak, bumerang, dan bela diri dapat menjadi pilihan.

Hal tersebut juga berlaku pada bidang minat lainnya.


Topik

Ruang Mahasiswa Mahasiswa-Baru Universitas-Brawijaya Unit-Kegiatan-Mahasiswa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ajeng Mutiara Tomy

Editor

Redaksi