Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ruang Mahasiswa

Komunitas Mahasiswa Ini Fokus Urus Pendidikan Anak Tidak Mampu

Penulis : Ajeng Mutiara Tomy - Editor : Redaksi

03 - Oct - 2016, 14:40

Salah satu bentuk kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Komunitas Negeri Kurcaci terhadap siswa SD (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)
Salah satu bentuk kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Komunitas Negeri Kurcaci terhadap siswa SD (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Julukan sebagai Kota Pendidikan yang melekat sejak dulu pada Kota Malang ternyata tidak sepenuhnya sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Baca Juga : Mahasiswa di Malang Kritik Aksi Perusak Lingkungan Lewat Lukisan

Buktinya, banyaknya perguruan tinggi dan sekolah yang tersebar di seluruh penjuru Kota Malang tidak menjamin seluruh warganya bisa mengenyam pendidikan layak.

Banyak warga Kota Malang yang ternyata belum bisa mengenyam pendidikan secara baik lantaran berbagai sebab salah satunya karena terkendala biaya.

Alasan itulah yang menjadi dasar terbentuknya komunitas Negeri Kurcaci.

Komunitas ini terbentuk atas inisiasi BEM FISIP Universitas Brawijaya Malang (UB).

Komunitas ini fokus mengurus pendidikan siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya mereka yang dari keluarga tidak mampu.

Baca Juga : FSP Moodier, Inovasi Parfum Karya Mahasiswa UM dengan Wadah Fidget Spinner

Banyak kegiatan yang dilakukan komunitas ini seperti memberi pelajaran tambahan pada bidang –bidang studi yang diujikan melalui metode sharing dan bermain, serta membantu memenuhi fasilitas yang diperlukan sekolah.

Dengan berbagai kegiatan itu komunitas ini ingin menghidupkan kembali semangat belajar siswa khususnya mereka yang belajar pada sekolah yang belum tersentuh bantuan pemerintah.

“Kami ingin membuat program berkelanjutan dibidang pendidikan. Faktanya, banyak sekolah yang siswanya tidak sampai 20 orang belum tersentuh bantuan pemerintah,” ujar Riza Mola Melati, Ketua Komunitas Negeri Kurcaci.


Topik

Ruang Mahasiswa Komunitas-Mahasiswa Pendidikan-Anak-Tidak-Mampu BEM-FISIP-UB


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ajeng Mutiara Tomy

Editor

Redaksi