Berakhir Pekan di Kalimantan Timur

Lezatnya Santap Siang Nasi Kuning Kombinasi Ikan Haruan

Oct 02, 2016 11:46
JatimTIMES mencicip nasi kuning khas Samarinda dengan lauk Ikan Haruan (Foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)
JatimTIMES mencicip nasi kuning khas Samarinda dengan lauk Ikan Haruan (Foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perjalanan wisata di Kalimantan Timur terus berlanjut. Matahari mulai meninggi saat Media Online Nomor 1 di Jawa Timur, JatimTIMES singgah di depot sederhana kawasan Jalan KH Abul Hasan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Walau jalanan di Hari Minggu (2/10/2016) sepi dari lalu lalang kendaraan, depot tetap buka. Suhariyah, sang pemilik, belasan tahun berjualan aneka masakan. Namun, menu paling laris di usaha kuliner miliknya ialah nasi kuning khas Samarinda. 

Bila nasi kuning di daerah lain umumnya disantap dengan lauk ayam dan telur, nasi kuning di Samarinda punya lauk spesial. Ya, kota di tepi Sungai Mahakam itu menyantap nasi kuning dengan ikan Haruan.

Ikan Haruan adalah ikan gabus yang dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah. Bila di Jawa, ikan ini dikenal dengan nama Ikan Kutuk. Bersantap nasi kuning dengan Ikan Haruan tak kalah nikmat. 

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Kelembutan daging Ikan Haruan dan lumeran saos kecap menambah kenikmatan menyantap nasi kuning di Ibukota Kalimantan Timur itu. 

Kepada JatimTIMES, wanita asal Madura itu mengaku nasi kuning khas Samarinda di depot miliknya cepat habis. "Karena jarang yang jual, jadi ya begini ini na udah mau habis saja," tandasnya. (*)

Topik
Nasi Khas Samarinda
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru