Kepala BPBD Kabupaten Malang Hafi Lutfi
Kepala BPBD Kabupaten Malang Hafi Lutfi

JATIMTIMES, MALANG – Kerugian material akibat banjir bandang yang menerjang Dusun Blok Songo, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, mencapai Rp 1,165 miliar. Angka tersebut didapatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang setelah mendata seluruh kerusakan.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Data BPBD menyebutkan  ada satu rumah hanyut, satu rusak berat, delapan rrusak sedang, dan 43 rumah rusak ringan. Selain itu, banjir merendam 53 rumah. Banjir juga mengakibatkan kerusakan infrastruktur jalan sepanjang 300 meter, 500 meter tanggul sungai, dan tiga hektare sawah.

Bersama tim siaga bencana Puskesmas Tirtoyudo, tim siaga bencana Desa Pujiharjo, dan PMI, BPBD bahu-membahu meringankan beban warga yang terkena musibah.
”Kami berbagi tugas dengan tim lainnya untuk mempermudah pertolongan sesuai keahlian masing-masing,” kata Ketua BPBD Kabupaten Malang Hafi Lutfi.

Untuk korban bencana, BPBD sudah menyalurkan bantuan berupa makanan cepat saji, obat-obatan, family kit, satu tangki air bersih, terpal, dan pakaian. Lutfi mempersilakan siapa saja yang ingin meringankan beban korban bencana banjir dan tanah longsor di Pujiharjo bisa langsung menghubungi kades Pujiharjo atau dititipkan ke kantor BPBD.
 

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

"Silakan bagi warga Kabupaten Malang yang mau meringankan beban saudara kita di Pujiharjo. Baik berupa makanan, minuman, obat-obatan, pakaian, dan sejenisnya. Bisa menghubungi kades Pujiharjo bagi yang sekitar Tirtoyudo. Yang dekat Kepanjen bisa ke kantor BPBD," katanya. (*)