Alun-alun Tugu Kota Malang (Foto: rully/malangtimes)
Alun-alun Tugu Kota Malang (Foto: rully/malangtimes)

MALANGTIMES - Selain Taman Trunojoyo dan Taman Merbabu, Alun-alun Tugu Kota Malang juga menjadi jujukan wisatawan untuk mengisi libur panjang pekan ini, terlebih setelah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) merenovasi wajah Alun-alun Tugu menjadi lebih menarik.

Selain memiliki nilai sejarah, Alun-alun yang diresmikan Presiden pertama RI, Ir Soekarno pada 20 Mei 1953 itu juga layak menjadi lokasi wisata keluarga.

Kuswanto, warga Polowijen, sengaja mengajak istri dan anaknya mengunjungi Alun-alun Tugu. Menurutnya, untuk refreshing tidak harus mengeluarkan banyak uang, Alun-alun Tugu bisa menjadi pilihan wisata gratis yang nyaman.

“Di sini kan gratis dan nyaman, istri juga penasaran ingin lihat Alun-alun Tugu, karena banyak temannya pamer foto selfie di depan bunga acrylic, jadi saya ajak ke tempat ini, menarik juga dipakai untuk foto foto an,” jelasnya.

Selain warga Malang, beberapa pengunjung dari luar kota terlihat memadati Alun-alun Tugu. Danang Sanjaya, warga asal Jakarta sengaja mengajak teman-temannya yang hendak mendaki Gunung Semeru untuk transit menikmati pemandangan di Alun-alun Tugu.

”Daripada diam menunggu jemputan ke Semeru, saya ajak teman-teman ke sini, kan enak bisa santai sambil foto-fotoan. Sebelumnya saya sudah cari referensi di internet, tapi setelah lihat langsung ternyata lebih bagus aslinya, bunga acrylicnya juga menarik untuk difoto, lumayan buat update status,” ucapnya sambil senyum