Prostitusi Online Kian Marak, Kapolri Gelar Cyber Patrol

Sep 09, 2016 13:44
Kapolri Jendral Polisi Drs.Tito Karnavian.MA.PHD (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolri Jendral Polisi Drs.Tito Karnavian.MA.PHD (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kasus prostitusi yang selama ini banyak membuat masyarakat resah, seperti kasus gay misalnya.

Beragam modus dan cara dalam bisnis prostitusi juga semakin berkembang melalui jalur online seperti lewat facebook, twitter dan sosia media lainya.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia) Jendral Polisi Drs.M.Tito Karnavian.MA.PHd saat kunjungannya di UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) mengatakan, Kepolisian akan bertindak untuk mengatasi kasus prostitusi online ini.

Sebab, hal tersebut menurutnya sudah sangat meresahkan masyarakat dan banyak merusak generasi muda. Oleh karenanya, Polri saat ini menerapkan Cyber Patrol atau patroli pada jaringan internet.

"Tim berasal dari tim Cyber di Bareskrim, kemudian mereka juga sudah menangkap pelaku dan korbannya banyak di bawah umur. Ada enam pelaku jaringan lain, saat ini kita sedang kejar dan berusaha menyelidiki kemungkinan adanya jaringan di lain daerah," ujar Tito .

Lanjut Kapolri tentang cara kerja tim ini adalah ketika tim Cyber Patrol menemukan indikasi atau aplikasi online serta website yang berbau dan mengarah ke prostitusi maka tim akan segera melakukan investigasi dan melakukan tindakan pemblokiran, penutupan website.

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

"Selain itu kami juga bekerja sama dengan Kominfo guna menindak situs-situs yang mengindikasikan  dan diduga situs prostitusi online," jelasnya.

Sementara itu bagi para korban yang kebanyakan masih di bawah umur, nantinya ia akan memulihkan kondisi mereka serta melakukan pembinaan yang diserahkan pada KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). (*)

Topik
Prostitusi Online Cyber Patrol

Berita Lainnya

Berita

Terbaru