Pekan Budaya Indonesia

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Gugup, Ada apa?

Sep 02, 2016 22:05
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy tampil beda mengenakan pakaian ala raja Jawa (Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy tampil beda mengenakan pakaian ala raja Jawa (Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mencintai kebudayaan Jawa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy tampil mengenakan pakaian khas bangsawan Kerajaan Jawa pada pembukaan Pekan Budaya Indonesia di Pendopo Kabupaten Malang, Jumat (2/9/2019). 

Guru besar Universitas Negeri Malang (UM) itu mengaku pertama kali mengenakan pakaian kerajaan. Pengalaman pertama ini kontan membuatnya gugup.

"Saya sampai lupa mau sambutan apa saking panasnya pakaian ini. Tapi inilah pengalaman pertama saya mengenakan pakaian Kerajaan Jawa dan ternyata begini rasanya," ucap Muhadjir diiringi tawa.

Dalam sambutan singkatnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan muatan kurikulum sekolah-sekolah tidak lepas dari nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia. Untuk itulah menteri kelahiran Madiun itu akan melakukan berbagai upaya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Muhadjir berinisiatif agar lebih banyak lagi festival kebudayaan dengan penampilan berbagai kesenian. "Menarik apabila ada lomba skenario ludruk misalnya," ungkap Muhadjir. (*)

Topik
Menteri PendidikanMuhadjir Effendy

Berita Lainnya

Berita

Terbaru