Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof Dr Drs Muhadjir Effendy MAP jadikan Kabupaten Malang sebagai awal pembentukan pendidikan berkarakter.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof Dr Drs Muhadjir Effendy MAP jadikan Kabupaten Malang sebagai awal pembentukan pendidikan berkarakter.

JATIMTIMES - Kabupaten Malang mendapatkan tempat terhormat di dunia pendidikan nasional. Ini karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Drs Muhadjir Effendy MAP memilih Kabupaten Malang sebagai sentra pendidikan berkarakter di Indonesia.


Pendidikan yang berkarakter adalah pendidikan yang berdasarkan dan berdiri pada nilai-nilai budaya bangsa.


Kabupaten yang dipimpin Bupati Dr Rendra Kresna BcKU, SH, MM dianggap memiliki nilai-nilai budaya yang kuat. Karenanya, Kemendikbud memilih Kabupaten Malang sebagai tuan rumah Pekan Budaya Indonesia.


"Pekan Budaya Indonesia ini menjadi awal dari pembentukan pendidikan berkarakter secara utuh," kata Muhadjir melalui ponselnya, Kamis (1/9/2016).


Pekan Budaya Indonesia (PBI) sendiri akan dibuka di Pendapa Kabupaten Malang di Jalan Merdeka mulai Jumat (2/9/20016). Pembukaan acara sendiri akan diawali dengan konser tari-tarian tradisional. Selanjutnya, akan diteruskan dengan permainan ketoprak.


Para pemain ketoprak ini rencananya akan dimainkan oleh Muhadjir, Rendra, dan para pejabat lainnya.
Rangkaian acara PBI dilakukan di beberapa tempat. Yakni Pendapa Kabupaten Malang, Universitas Negeri Malang (UM), Lapangan Singosari, Stadion Kanjuruhan, Alun-Alun Kota Malang, dan Alun-Alun Kota Batu.


Di Lapangan Singosari, acara yang digelar adalah pementasan mobil bioskop keliling pada Jumat (2/9/2016), dimulai pukul 19.00. Film yang diputar berjudul Garuda 19 dan Cinta dari Wamena.
Sedangkan di Stadion Kanjuruhan akan digelar Pentas Musik Malang Raya pada Sabtu (3/9/2016) pukul 19.00 dan Minggu (4/9/2016) pukul 15.00.


Sedangkan di UM, even yang digelar untuk memperkuat pendidikan karakter adalah lomba-lomba sejarah, pemutaran film sejarah dan diskusi sejarah, sarasehan kesejarahan, serta bedah buku Bianglala Kebudayaan.


Untuk rangkai PBI di Kota Malang dan Kota Batu akan diputarkan film-film Indonesia melalui mobil bioskop keliling.


"Untuk membentuk pendidikan karakter memang diperlukan budaya dan sejarah bangsa," ucap Muhadjir.