Pantai Tiga Warna Kabupaten Malang, Raja Ampatnya Jawa

Aug 21, 2016 13:09
Istimewa, pantai 3 warna di Desa Sendang Biru Keamatan Sumawe Kabupaten Malang (Foto : Dokumentasi Dinas Pariwisata Kabupaten Malang)
Istimewa, pantai 3 warna di Desa Sendang Biru Keamatan Sumawe Kabupaten Malang (Foto : Dokumentasi Dinas Pariwisata Kabupaten Malang)

MALANGTIMES - Bagi anda yang  telah lama bermimpi ingin ke Raja Ampat, Papua, tetapi masih belum siap keuangannya, MalangTIMES rekomendasikan untuk tetap berangkat ke Raja Ampat-nya Jawa yaitu Pantai Tiga Warna yang berada di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Tidak kalah dengan Raja Ampat, Pantai Tiga Warna ini selain menyuguhkan pemandangan indah, Spot Snorkeling, bentangan pasir berkilauan dan bebas sampah benar-benar eksotis. Tentu, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmatinya.

Keunikan Pantai Tiga warna yang membedakan dengan pantai-pantai di Wilayah Malang Selatan lainnya seperti Pantai Sendangbiru, Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, adalah warna air lautnya yang  memiliki tiga warna berbeda  yaiu biru, hijau dan kekuningan.

Pemandangan ini yang akan membuat mata setiap pengunjung merasakan sensasi lain berwisata ke pantai.

Selain tentunya wisatawan  akan bisa menikmati pemandangan Pantai Clungup, Gatra, Savana, Mini dan Watu Pecah serta konservasi Mangrove sebagai jalur masuk pantai tiga warna.

Wisata pantai yang  baru dibuka untuk umum sekitar pertengahan tahun 2014 ini di kelola oleh Bhakti Alam yang anggotanya berasal dari warga desa setempat.

Namun keberadaannya telah mencuri rasa penasaran para wisatawan untuk berkunjung . Tetapi jangan kaget, di Pantai Tiga Warna ini, pengelola menerapkan sistem kuota pengunjung yaitu 100 orang per hari.  

MalangTIMES menganjurkan pengunjung untuk reservasi terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke sana.

Di Pantai Tiga Warna,  barang bawaan wisatawan yang berpotensi menjadi sampah, botol air mineral, bungkus makanan, tisu dan lainnya didata di pos masuk  agar pengunjung tidak membuang sampah sembarang.

Pengunjung akan dikenakan denda Rp 100 ribu per item sampah yang hilang, saat petugas kembali memeriksa sampah sesuai daftar barang ang dibawa saat pengunjung pulang.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Untuk Akses jalan dari Kota Malang menuju Pantai tiga Warna, bisa memilih jalur yang mengarah ke Gadang – Turen, kemudian ikuti terus petunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru dengan waktu perjalanan normal sekitar 2 jam.

Nanti akan ada petunjuk arah di persimpangan jalan untuk menuju Pantai Sendang Biru atau ke Pantai Goa Cina.

Sekitar 2 km dari pertigaan ada petunjuk arah yang menuju ke Pantai Clungup.  Dari tempat parkir, wisatawan bisa berjalan kaki atau naik ojek dengan harga Rp 5.000 per orang menuju pos masuk. Untuk pengendara roda dua, bisa membawa kendaraannya hingga ke pos masuk.

3warna2LPqiQ.jpg(Foto : Dokumentasi Dinas Pariwisata Kabupaten Malang)


Wisatawan akan didampingi pemandu agar tidak tersesat saat menjelajahi kawasan konservasi itu. Di pos masuk itu, setiap orang harus membayar tiket masuk Rp 10.000 dan khusus pemandu, rombongan membayar Rp 100.000 per rombongan.

Di pinggir pantai, pengelola menyediakan jasa sewa snorkeling (alat snorkel) plus pelampung dengan harga Rp 15.000 per alat.

Pemandu pun akan memberikan instruksi agar wisatawan yang ingin snorkeling bisa dengan nyaman menikmati lukisan bawah laut. 

Topik
Pantai 3 WarnaSumbermanjing WetanSendang BiruKabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru