Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim bersama warga Poso (Foto : Istimewa)
Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim bersama warga Poso (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - 13 personel Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim, yang bermakas di wilayah Ampeldento, Kabupaten Malang, ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 bersama warga Dusun Timbungan, Desa Tambarana, Kec Poso Pesisir Utara, Sulawesi Tengah.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Salah satu perwira Brimob, Iptu Nono Sugiono, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk membangkitkan nasionalisme warga. 

Selain itu, Nono juga mengatakan beragam lomba yang digelar satuannya itu bertujuan untuk menghibur warga Poso. 

Sebelumnya, suasana di Poso sempat tegang saat TNI dan Polri memburu salah satu komandan ISIS yang juga pemimpin kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso, dalam Operasi Tinombala.

"Selain untuk membangkitkan nasionalisme, kegiatan lomba HUT RI ini juga bertujuan menghibur warga," ucap Nono kepada MALANGTIMES, Kamis (18/8/2016).

Pria yang akrab disapa Nonos ini melanjutkan masyarakat sangat antusias mengukuti beberapa lomba seperti lomba tarik tambang, merias wajah, memindahkan bendera ke dalam botol, makan kerupuk, cantol topi dan kelereng.

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

Menurut pengakuan Ketua  RT, I Kadek Wijana, warga Timbungan merasa terhibur dengan lomba yang telah digelar Brimob.

"Selama ini belum pernah diadakan lomba HUT RI, ya baru kali ini digelar Brimob, walaupun mereka berasal dari Malang, tapi sangat akrab dengan warga Timbungan," ucap Wijana.

Wijana juga mengatakan bahwa selama Brimob menempati Pos Tinombala di Poso tidak merepotkan bahkan membantu dan melindungi warga. (*)