Ricoh Theta, Kamera Format 360 Derajat pada Upacara HUT RI ke 71

Aug 17, 2016 21:01
Ricoh Theta kamera diambil dari gearopen.com
Ricoh Theta kamera diambil dari gearopen.com

MALANGTIMES - Ricoh Theta merupakan kamera yang digunakan menyiarkan upacara HUT RI ke 71 dengan format 360 derajat.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia disiarkan secara secara langsung dengan format 360 derajat melalui YouTube chanel Presiden Joko Widodo pada  Rabu (17/08/16).

Dikutip dari kompas.com (17/08/16) sebanyak tiga unit Ricoh Theta diposisikan di tiga titik berbeda. Dua lokasi berada di Istana Negara untuk menayangkan prosesi upacara bendera dan kirab, serta satu lokasi lainnya di Monumen Nasional untuk menayangkan kirab yang berlangsung di sana. 

Ricoh Theta merupakan satu dari beberapa model kamera 360 derajat yang beredar di pasaran saat ini. Bentuknya mirip remote televisi, dengan sepasang lensa bulat yang menonjol di sisi depan dan belakang tubuhnya. 

Dengan format 360 tersebut memungkinkan menonton video dengan pandangan ke segala arah yang bisa disaksikan melalui ponsel atau menggunakan headset virtual reality yang pertama kali diluncurkan oleh YouTube pada april lalu dan Ricoh Theta adalah salah satu model kamera pertama yang mendukung fitur tersebut

Seperti yang dikutip dari plimbi.com kamera ini memiliki ukuran yang tergolong kecil yaitu 42mm x 129 mm x 22.8 mm x 7.4 mm dengan berat 95 gram. Peraturan paremeter foto seperti white balance dan kendali eksposur pada Ricoh Theta dilakukan secara otomatis.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Begitu pula untuk kecepatan rana, yang akan diatur sendiri oleh kamera ini saat melakukan pemotretan, dengan pilihan 1/8000 hingga 1/7,5 detik. Sedangkan, kompensasi eksposur antara -2.0 sampai +2.0EV 1/3EV step dilakukan manual.

Kamera yang didukung dengan baterai lithium ion ini mampu bertahan sampai menghasilkan hingga 200 gambar, dengan situasi pengambilan foto setiap 30 detik dan koneksi Wi-Fi yang hidup untuk menghubungkannya dengan smartphone. 

Melalui aplikasi yang bisa digunakan untuk mengkonfigurasi pengaturan secara langsung  digunakan untuk melihat foto dan videdo secara wireless dengan piranti yang terhubung.

Selain itu, hasil rekaman kemera tersebut bisa dengan mudah dibagi melalui berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan tentunya diposting di Google Maps, Google+ atau Channel YouTube 360°kamera ini dibanderol di kisaran 350 dollar AS hingga kamera high-end seperti Orah 4i yang seharga ribuan dollar AS. 

Topik
HUT KemerdekaanKamera 360 DerajatRicho Theta HUT RI 71Kamera Canggih Ricoh ThetaRicoh Theta Adalah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru