Peserta bersemangat mengikuti lomba tarik ban pesawat Hercules (Foto: Imam Syafi'i/ MalangTIMES)
Peserta bersemangat mengikuti lomba tarik ban pesawat Hercules (Foto: Imam Syafi'i/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-71, berbagai macam perlombaan digelar di seluruh Indonesia. Tapi ada lomba  yang paling unik yang menjadi tradisi TNI AU Lanud Abd Saleh, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Yakni ada lomba tarik ban pesawat Hercules seberat 200 kilogram sepanjang 200 meter di Lapangan Dirgantara. Dalam lomba yang sudah dilaksanakan kedua kalinya setiap perayaan Agustusan ini, terlihat peserta yang terdiri dari 5 orang (satu grup), harus berlari secepat mungkin menarik ban di garis finish.

Menunggu aba-aba dari juri, mereka langsung bergegas dengan kompak menarik ban tersebut. Peserta beradu kekuatan siapa yang paling cepat di garis akhir itulah pemenangnya.

Antusias peserta sangat tinggi, nampak dari raut wajah mereka yang bersemangat mengikuti lomba dalam peringatan HUT RI. 

Bahkan ada beberapa peserta yang jatuh bangun, tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap bangkit kembali melanjutkan lomba unik tersebut.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Penggagas lomba tarik ban pesawat Hercules, Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro berharap terselenggaranya lomba tersebut, mampu memupuk rasa persaudaraan, kekompakan, dan cinta tanah air. 

"Selain itu, menghargai para jasa pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia dengan semangat dan kekompakkan," ucap Djoko. 

Kekompakan itupun benar- benar ditunjukkan, dengan berseragam biru mereka saling bahu membahu mnegikuti seluruh lomba. Tak hanya lomba tarik ban pesawat Hercules saja, berbagai macam lomba juga disajikan seperti, balap karung, tarik tambang, lomba kelereng, klompen dan lomba lainnya. (*)