Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang Nurul Kusaeni usai mengevakusi kebakaran (foto: Imam Syafi’i/ MalangTIMES)
Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang Nurul Kusaeni usai mengevakusi kebakaran (foto: Imam Syafi’i/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kejadian kebakaran di Toko Abadi Motor, Jalan Kertanegara No. 56, Desa. Girimoyo, Karangploso Kabupaten Malang, diduga akibat hubungan arus listrik (korsleting), Senin (08/08/2016).
Kepala UPTD Pemadam Kebakaran, Kabupaten Malang, Nurul Kusnaeni menjelaskan kebakaran ini, masih diduga akibat hubungan pendek arus listrik. "Saat kami dan tim mengevakuasi kebakaran, memang belum ditemukan tanda-tanda penyebabnya. Saya prediksi adanya korsleting listrik," terangnya usai melakukan evakuasi di TKP.
Menurutnya, saat kejadian memang toko belum melakukan aktivitas. Kemungkinan api muncul adanya masalah dengan hubungan arus pendek tersebut.
"Korsleting listrik macam-macam penyebabnya, bisa dari penghuni mengeces HP, lampu-lampu yang dinyalakan, atau kabel yang rusak lainnya. Untuk fixnya kami masih belum bisa memastikan penyebabnya," katanya.
Dia berharap, atas kejadian ini kepada seluruh warga yang memiliki toko punya alat untuk memadamkan api. "Saya melihat di toko ini, pemilik belum punya alat mengantisipasi kebakarang. Kejadian ini sebagai contoh dan semoga ada hikmahnya," tutunya.
Dia menerangkan, saat mengevakuasi api beberapa petugas mengalami kendala, karena pintu gerbang depan tetutup. Usai dibuka tim langsung melumpuhkan titik-titik api yang berada di belakang gudang sampai ke lantai atas.
"Kesulitan kita yaitu api terus membesar lantaran membakar ban dan oli. Karena kedua barang itu kita harus sabar memadamkannya.  Alhamdulillah api dapat dipadamkan sekitar jam 06.30 WIB," tegasnya.
Disamping itu, bantuan 6 unit kendaraan mobil damkar dari Pemkab Malang, Kota Malang, Kota Batu dan Bentoel dikerahkan dan akhirnya api dapat dipadamkan. (*)