Klepon Buah, Jajanan Pasar yang Kekinian

Aug 05, 2016 12:33
Klepon buah rasa strawberry (dokumentasi instagram @kleponbuah)
Klepon buah rasa strawberry (dokumentasi instagram @kleponbuah)

Siapa yang tak kenal dengan jajanan tradisional yang bernama klepon, pasti semua sudah mengenalnya. Namun bagaimana kalau makanan berbentuk bola ini dimodifikasi dengan buah?  

Pada umumnya makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.Jajanan ini identik dengan warna hijau dan gula merah sebagai isiannya.

Tapi itu dulu, sekarang agar lebih kekinian seorang Reynaldi Angga Pratama Sazali membuat klepon dengan berbagai varian rasa buah-buahan. 
"Ada rasa coklat, strawberry, melon dan rasa asli klepon sendiri yaitu  rasa pandan. Karena biar ada variasi gitu makannya saya kepikiran untuk bikin klepon buah," ujar mahasiswa tingkat akhir di Universitas Brawijaya (UB) Malang ini. 
Benar saja, dengan dimodivikasi dengan buah segar, ternyata klepon buah buatan Reynald banyak diminati. Dia memasarkan klepon buah miliknya dengan memanfaatkan internet.

"Ya sekarang kan jamannya internet saya promosinya lewat instagram, selain itu tersedia juga di cafenya klepon buah di Jalan Parangtritis Kota Malang," imbuhnya.
Baginya dari berjualan klepon buah selain untuk berbisnis, hal ini adalah salah satu usahanya untuk melestarikan makanan tradisional khas Indonesia. (*)

Topik
kulinerMalangKleponJajananpasar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru