Kota Malang Langganan Jadi Penyaji Terbaik Parade Budaya Jatim

Aug 01, 2016 14:06
Parade Budaya Jatim Specta Night Carnival di Kabupaten Blitar (Foto : Istimewa)
Parade Budaya Jatim Specta Night Carnival di Kabupaten Blitar (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES- Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali mencetak prestasi di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

Dalam rangkaian Parade Budaya Jatim Specta Night Carnival yang dilaksanakan di Kabupaten Blitar pada Sabtu (30/7/2016) Disbudpar Kota Malang behasil mempertahankan sebagai penyaji terbaik.

Saat itu, Pemkot Malang mengirimkan tim kesenian yang merupakan gabungan dari beberapa sanggar kesenian di Kota Malang.

Tim yang diambil dari 5 kecamatan se Kota Malang itu diberi nama "Genaro Ngalam Comunity".

Komunitas seni budaya orang malang tersebut diantaranya adalah Kelas Sinau Seni Putro Gunung Ukir Kota Malang, Sanggar Patrol Percusi  Pidhisia, Sanggar Seni Tari & Musik Bendho Agung,  Sanggar Seni  Sapto Tunggul Wulung, Sanggar Seni  Maya dan Sanggar Seni  Karso Budoyo.

Dengan membawa 95 orang penari dan pengrawit, Kota Malang sukses memberikan pertunjukan yang memukau.

Dengan mengikuti tema "candi" pada parade budaya tahun 2016 ini, Kota Malang menampilkan sebuah karya dengan judul "ONTRAN-ONTRAN GEMBOLO GENI".

Ontran Ontran Gembolo Geni adalah sebuah ajian sekaligus pusaka yang dimiliki oleh seorang raja.

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

Dalam karya ini Aji Gembolo Geni digunakan oleh Prabu Gajayana, raja dari Kerajaan Kanjuruhan untuk mengusir begebluk  yang melanda Kanjuruhan saat itu.

Jatim Specta Night Carnival 2016, merupakan gelaran ketiga kalinya yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jawa Timur.

Pertama dilaksanakan di Ngawi, kedua di Banyuwangi.  Kota Malang selalu berhasil masuk sebagai penyaji terbaik selama 3 tahun berturut turut.

Yang lebih membanggakan lagi di Blitar selain dapat merebut  dan  mempertahankan predikat juara sebagai penyaji terbaik, Kota Malang menyabet kategori kereta/mobil hias terbaik dan artistik.

"Alhamdulilah kepercayaan  dan tanggung jawab itu diserahkan Disbudpar Kota Malang kepada sutradara & penata tari serta musik Agus Mardianto pun tidak sia sia" ujar Kadisbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni.(*)

Topik
Kota Malang BermartabatParade Seni Budaya Jatim Specta
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru