Ongol-ongol, Jajanan Tradisional yang Pas untuk Sarapan

Jul 20, 2016 10:36
TRADISIONAL: Semangkuk ongol-ongol berwarna hitam dan cenil bisa dinikmati di sebelah Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Galuh Pandu Larasati/BatuTIMES)
TRADISIONAL: Semangkuk ongol-ongol berwarna hitam dan cenil bisa dinikmati di sebelah Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Galuh Pandu Larasati/BatuTIMES)

KOTABATU - Ongol-ongol adalah jajanan tradisional khas Indonesia yang masih eksis di tengah masyarakat Kota Batu. Penganan kuno ini masih disukai masyarakat berbagai kalangan.  Dan bagi penyuka jajanan lawas, ongol-ongol adalah satu yang jadi pilihan favorit.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Kue basah yang punya tekstur lembut dan kenyal ini punya beragam varian resep. Di Kelurahan Sisir Kota Batu, terbiasa membuat ongol-ongol berwarna hitam pekat. 

Bahannya dari adonan tepung kanji, tepung terigu, gula, garam serta tambahan klaras atau daun pisang kering yang dibakar.  Daun itu diblender untuk memberikan warna hitam. 

"Pertama kanji dan tepung terigu diuleni, dikasih gula dan garam secukupnya, kemudian dicampur air blenderan klaras, pokoknya adonan nggak encer," kata Arin, pembuat penganan tradisional.

Setelah adonan dicampurkan, ditiriskan, lalu dimasukkan ke dalam plastik untuk direbus sampai mendidih. 

"Direbus sampai airnya meluap ditunggu beberapa saat baru diangkat," jelas Arin seraya menunjukkan bungkusan plastik panjang berukuran 20 centimeter berisi ongol-ongol yang belum dipotong. 

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Ongol-ongol semakin nikmat bila disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah. Bisa pula dicampur dengan cenil. Cocok sekali untuk sarapan usai berolahraga atau jogging.

Di Kota Batu ongol-ongol bisa dijumpai di sisi Selatan Alun-alun Batu penjual gerobak makanan tradisional Cenil Spesial Mak Tukini. (*)

 

Topik
kotabatuongol ongolkulinertradisional
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru