‘Jebakan’ Rengginang yang Enak

Jul 09, 2016 14:12
Rengginang menjadi salah satu camilan favorit saat lebaran (Foto: Holci Cici Juwita/MalangTIMES)
Rengginang menjadi salah satu camilan favorit saat lebaran (Foto: Holci Cici Juwita/MalangTIMES)

Rengginang, untuk sebagian orang mungkin makanan ini khas identik dengan ‘jebakan’, namun tetap saja makanan ini memiliki banyak peminat. 

Terkadang orang yang pada awalnya merasa tidak berminat dengan rengginang, namun karena terkena ‘jebakan’ akhirnya menjadi penggemar setia makanan dari beras ketan ini. ‘Jebakan’ yang dimaksud disini adalah  ketika kita ingin memakan kue kering dalam toples kotak dengan merek tertentu, namun ketika toples dibuka namun ternyata rengginang yang terlihat.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Ketenarannya semakin bertambah ketika kini semakin banyak meme yang berisi tentang ‘jebakan’ rengginang tesebut. Namun siapa sangka makanan ini digemari setiap kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Seperti dilansir Tempo.co, Bahkan Syaifullah  Yusuf atau Gus Ipul pun menggemari Rengginang. “Rengginang kalau dimakan renyah sekali, pasti bunyi ‘kriuk’ ‘kriuk’,” ujarnya.  

Tidak seperti jenis kerupuk yang lain, pengolahan rengginang agak berbeda. Pasalnya, jika untuk membuat kerupuk jenis lain harus menghancurkan bentuk bahan dasarnya seperti kerupuk emping yang dibuat dari biji melinjo, rengginang tetap mempetahankan bentuk nasi atau beras ketannyanya.  Sehingga, bentuk dari nasi atau beras ketan tersebut masih tampak utuh.

Rengginang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan atau nasi yang dikeringkan dengan cara dipaparkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, nasi atau beras ketan tersebut kemudian digoreng kedalam minyak panas dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Rengginang dapat digoreng dengan atau tanpa memberi tambahan bumbu untuk melengkapi rasanya.  Kini, jenis rengginang pun mengalami berbagai inovasi rasa. Mulai dari rasa udang, terasi, bawang dan lainnya.

“Kalau ada orang yang membuat meme tentang ‘jebakan’ rengginang, saya justru lebih senang dengan rengginang daripada kue asli yang ada dalam kemasan kaleng kue tersebut,” ucap Anggara Wiryawan, salah seorang penggemar rengginang dari Klayatan Kota Malang. (*)

Topik
Lebaran2016
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru