Cak Win mengarahkan anak-anak memainkan Lagu Padang Bulan dengan Gamelan di Sanggar Krida Budaya Rampal Celaket (Foto: Holfi Cicik Juwita?MalangTIMES)
Cak Win mengarahkan anak-anak memainkan Lagu Padang Bulan dengan Gamelan di Sanggar Krida Budaya Rampal Celaket (Foto: Holfi Cicik Juwita?MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berkembangnya teknologi membuat mayoritas anak muda berbondong-bondong menggemari musik modern dibanding tradisional. Namun, berbeda halnya dengan anak-anak di Kampung Celaket yang sudah sangat akrab dengan alat musik tradisional khas karawitan.Di sini menembang dan memainkan gamelan sudah seperti menjadi santapan anak- anak.

Seperti yang terlihat Sabtu malam (02/07/2016), Dela bersama teman-temannya terlihat asik memainkan gamelan. Hal tersebut tak terlepas dari peran seorang Cak Win. Kecintaannya pada kesenian tradisional, membuat  pria yang memiliki nama lengkap Achmad Winarto itu berinisiatif membentuk sebuah Komunitas Arema!Ker. Komunitas yang peduli untuk melestarikan budaya warisan leluhur.

Anak-anak kecil dan remaja adalah target yang didaulat menjadi bagian dari komunitas. “Gamelan itu warisan leluhur yang harus dibudidayakan. Jangan sampai anak cucu kita nanti tahu gamelan cuma dari cerita saja,” tandas Cak Win.

Selain anak-anak diajarkan bagaimana bermain gamelan dan nyinden atau nembang, Cak Win juga membekali ‘anak-anaknya’ dengan ilmu agama, budi pekerti, hingga pengetahuan umum. Para orang tuapun mengapresiasi dan menyambut positif adanya Arema!ker ini, karena setelah anak-anak mereka bergabung ada perubahan positif yang dirasakan orang tua. Komunitas Arema!ker ini biasa berlatih pada Sabtu Malam dan Minggu Siang di Sanggar Krida Budaya Rampal Celaket agar tidak mengganggu kegiatan sekolah.

“Padahal musik tradisional itu juga nggak kalah bagus kok,” tambah pria yang juga sebagai Ketua RW Kampung Celaket itu. Ia berharap agar anak-anak lebih mencintai karya budaya bangsa, dan kedepannya dapat menjadi penggerak  akan berinovasi dan menyebarluaskan serta mempertahankan budaya tradisional Jawa. (*)