Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Diguyur Hujan, Kegiatan 'Maleman' Masjid Jami Malang Kian Khusyuk

Penulis : Cak Mamak - Editor : Heryanto

02 - Jul - 2016, 16:48

Jamaah 'Maleman' Masjid Jami Kota Malang meluber hingga ke lantai dua (foto : Rully Novianto/MalangTIMES)
Jamaah 'Maleman' Masjid Jami Kota Malang meluber hingga ke lantai dua (foto : Rully Novianto/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hujan yang mengguyur Kota Malang beberapa hari ini tidak menyurutkan semangat jamaah Masjid Jami Kota Malang untuk melaksanakan 'Maleman'. 

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Kegiatan yang dilaksanakan pada malam ganjil disepuluh hari terakhir ramadan ini justru bertambah khusyuk seperti yang terlihat pada malam 25 dan 27 ramadan kemarin.

Ada pemandangan tidak biasa, saat para jamaah sedang khusyuk menjalani salat witir, tiba-tiba hujan deras mengguyur Kota Malang khususnya di sekitar masjid. 

Namun demikian, jamaah khususnya yang berada di halaman luar masjid tetap tidak beranjak meskipun air hujan membasahi tubuh mereka. 

"Alhamdulillah, saya dan keluarga istiqomah berjamaah di Masjid Jami Malang khususnya  pada malam ganjil disepuluh malam terakhir seperti sekarang," ujar Muhtadi, warga Kelurahan Merjosari yang saat itu membawa istri dan dua orang anaknya ikut kegiatan 'Maleman' di Masjid Jami Kota Malang. 

Seperti jamaah yang lain, usai salat tarawih pada pukul 20.10 WIB, dia bersama keluarganya pulang dulu ke rumah.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Pada pukul 22.30 WIB lalu dia kembali lagi ke masjid untuk berkumpul dengan jamaah yang  lain dan mengikuti rangkaian kegiatan yang meliputi salat witir 11 rakaat, wirid, dan taushiyah  agama dari para ulama Kota Malang. 

Saat itu, taushiyah agama diisi oleh KH Isyroqun Najah, Ketua PCNU Kota Malang yang sekaligus juga pengasuh dan pembina Ma'had Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang. 

Dalam taushiyahnya ulama yang akrab disapa Gus Isy ini mengulas tentang kisah yang memuat dialog Nabi Musa dan Nabi Khidir. 

Para jamaah yang memenuhi masjid hingga halaman depan tampak dengan penuh konsentrasi mendengarkan tausyiah di tengah dinginnya air hujan yang mengalir di sekujur tubuh mereka. (*)


Topik

Peristiwa Masjid-Jami ibadah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Cak Mamak

Editor

Heryanto