Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Wah, Ada Bangunan Cagar Budaya di Ijen Rata Tanah

Penulis : M. Choirul Anwar - Editor : Redaksi

04 - Apr - 2015, 12:21

MALANGTIMES – Pemerintah Kota Malang, baru-baru ini menelurkan ide untuk membangun Heritage Public Space, sebagai spot wisata cagar budaya di kawasan Jalan Ijen hingga Veteran.

Jalan Ijen terpilih, karena masuk dalam lingkup kawasan cagar budaya sebagaimana data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang.

Sayangnya, rencana Pemkot Malang untuk merealisasi Heritage Public Space tidak disertai dengan payung hukum berupa Perda Cagar Budaya.

Salah satu buktinya, yakni, bangunan di Jalan Ijen No 14, saat ini sudah rata dengan tanah, karena direnovasi ulang. Pantauan MALANGTIMES di lapangan, di rumah itu setidaknya ada beberapa tukang bangunan tengah melakukan aktifitas.

Pengawas bangunan tersebut, Asmari, mengatakan, pembongkaran bangunan rumah tersebut sudah dilakukan pada awal Januari.

“Kalau dibongkar sudah akhir Januari lalu, jadi saat ini dalam tahap pembangunan,” kata dia beberapa menit lalu.

Renovasi dilakukan, karena kondisi rumah sudah rusak parah, sehingga membangun ulang adalah pilihan yang dilakukan pemilik dengan tidak merubah bentuk dan ciri khas bangunan awalnya.

“Akan tetap dibangun sesuai dengan ciri khas bangunan kawasan ini, desain dan sebagainya,” tegas Asmari.

Ia mengakui, bila kawasan bangunan itu masuk kawasan cagar budaya, sehingga pembangunan akan disesuaikan dengan peraturan yang ada.


Topik

Peristiwa Disbudpar-Kota-Malang Heritage-Public-Space Pemkot-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Choirul Anwar

Editor

Redaksi