Uwiga Bedah Karya Tiga Akademisi dan Penulis Handal

Jun 18, 2016 23:25
Bedah Buku Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah (foto istimewa)
Bedah Buku Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah (foto istimewa)

MALANGTIMES –  Universitas Widyagama Malang (Uwiga) terus memperkaya khazanah akademiknya dengan berbagai seminar dan bedah buku.

Kali ini,  Uwiga membahas lika liku penegakan hukum terutama hukum administrasi pemerintahan di Indonesia.

Buku berjudul “Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah” ini merupakan karya tiga akademisi sekaligus penulis handal yakni Dr. Sirajuddin, SH.MH., Dr. Anis Ibrahim, SH.M.Jum., Dr. Shinta Hadiyanto, SH.MH., dan Catur Widi Haruni, SH.MSi.MH.

“Buku ini sudah runtut dan berimbang memaparkan secara tuntas mengenai hukum administrasi atau hukum pemerintah daerah, seperti disampaikan pemateri. Tetapi masih perlu ada revisi sedikit,”ujar Guru Besar Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Prof Sudarsono.

Bedah buku ini adalah hasil kerjasama program pascasarjana Universitas Widyagama Malang dengan Intrans Publishing.

Bedah buku ini cukup menyedot animo mahasiswa. Sebanyak 70 orang mahasiswa pascasarjana dari berbagai perguruan tinggi di Malang, serta praktisi hukum pemerintahan daerah Kota Malang hadir dalam acara ini.

Bagi Dosen Universitas Widyagama, Zulkarnain, buku ini harus mengalami perbaikan terutama dari segi sistematika penulisan.

“Sistematika tulisan dalam buku ini masih belum berimbang, buku ini juga belum secara jelas mengupas lebih runtut penjelasan mengenai hukum administrasi ataukah hukum pemerintahan daerah, seperti yang telah disampaikan pemateri tadi, buku ini membahas hukum administrasi negara ataukah hukum pemerintahan?,” tanyanya.

Oleh sebab itu, audiens menilai buku setebal 388 halaman itu hanya berkutat membahas prinsip-prinsip dan belum membahas secara detail bagaimana produk hukum administrasi pemerintahan daerah.

 Seperti yang tertulis dalam bab 4 yang membahas kewenangan atau urusan pemerintahan daerah.  

“Pada bab ini tulisan masih belum simetris dalam mengupas atau menguraikan hukum pemerintahan daerah,” kritik salah satu mhasiswa Universitas Widyagama Malang.

Penulis buku yang kali ini diwakili oleh Dr. Sirajuddin, SH.MH pun angkat bicara. “Buku ini memang ditujukan khusus untuk mahasiswa Pascasarjana Magister Ilmu Hukum Uiversitas Widyagama,” ujarnya.

Sirajudin juga mengatakan di luar banyaknya kekurangan, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam pengkajian ilmu hukum. Termasuk menjadi referensi dalam penulisan tesis.

“Buku karya kami ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan isinya yang cukup lengkap,” tandasnya. (*)

Topik
Bedah Buku

Berita Lainnya

Berita

Terbaru