Tim IT SMK PGRI 3 Malang, Akbar Muhammad saat mengikuti pelatihan Jurnalisme Positif Sekolah bersama MalangTIMES (Foto: Lubis/MalangTIMES)

Tim IT SMK PGRI 3 Malang, Akbar Muhammad saat mengikuti pelatihan Jurnalisme Positif Sekolah bersama MalangTIMES (Foto: Lubis/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Sekolah kejuruan PGRI terbesar di Jawa Timur, SMK PGRI 3 Malang rupanya punya ketertarikan besar di ranah jurnalisme. Bekerjasama dengan media online berjejaring pertama di Indonesia, MALANGTIMES, sekolah yang berada di kawasan Jalan Raya Tlogomas itu ikut serta dalam program Jurnalisme Positif Sekolah.

"Program ini adalah praktik jurnalisme yang dilakukan oleh non profesional jurnalis. Dalam hal ini dilakukan oleh mahasiswa atau dosen yang mewakili kampus. Nah, bisa juga dilakukan oleh institusi seperti sekolah ini," jelas Agus Eko Prasetyo, General Manager MALANGTIMES saat mengisi materi Jurnalisme Positif Sekolah di SMK PGRI 3 Malang, Rabu (8/6/2016).

Kesempatan emas untuk belajar jurnalisme itu tentu tak disia-siakan SMK PGRI 3 Malang. Bahkan, tim IT SMK PGRI 3 Malang, Akbar Muhammad antuasias saat MALANGTIMES memberikan pelatihan. Sebagai sekolah dengan basis IT terlengkap, pengetahuan jurnalisme online ini tentu menjadi nilai plus.

"Ini kesempatan bagi kami SMK PGRI 3 Malang untuk menjadi bagian dari citizen journalism. Apalagi MALANGTIMES menjadi media online pertama yang memberikan kesempatan pada institusi pendidikan untuk mempelajari jurnalisme warga tersebut," papar Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Malang, Mochammad Lukman Hakim.

Berpijak pada etika pers, konten atau isi dari Jurnalisme Positif Sekolah di media online MALANGTIMES dapat berupa peristiwa, berita kegiatan dan reportase. Prinsip etika pers inilah yang ditekankan pada sekolah maupun kampus yang terlibat dalam program Jurnalisme Positif Sekolah.

Etika tersebut diantaranya adalah tidak menyebarkan berita bohong, tidak mencemarkan nama baik, tidak memicu konflik SARA dan harus menyebutkan sumber berita dengan jelas. (*)

End of content

No more pages to load