MALANGTIMES - Eightthink Consultant bekerjasama dengan Java Anima menggelar even Sinau Bareng Javanima yang bertemakan generasi cerdas audiovisual. Acara ini, bertujuan memperkenalkan siswa SMK tentang proses pembutan film yang menjadi salah satu bentuk penyampain komunikasi lewat media audiovisual.

Hildan Adi Nugroho, Ketua panitia mengatakan, bahwa kegiatan yang digelarnya memberikan pengetahuan tentang proses pembutan film untuk kalangan pelajar SMK se-Kota Malang.

Dalam acara ini, juga diikuti 60 perserta dari berbagai SMK dan menghasilkan 2 dua film dokumenter. Kedua film yang diproduksi ini mengangkat tema kotak saran dan sampah yang terdapat di sekolah.

Selain itu, pada kegiatan ini, siswa juga diajarkan tentang tahap-tahap untuk membuat film dokumenter yang menjadi salah satu bagian untuk menyalurkan aspirasi ataupun kritik sosial melalui film.

"Kami berupaya untuk bertukar ilmu tentang pembuatan film dokumenter. Selain itu, kami juga mengenalkan tentang bagaimana cara membuat kritikan sosial yang membangun lewat film," kata Hildan.

Sementara itu, kegiatan ini berlangsung selama empat hari mulai dari 26 hingga 29 Mei 2016. Sedangkan untuk, rangkaian acara sendiri terdiri dari workshop pembuatan film, proses produksi dan pemutaran film. 

Untuk pemutaran film sendiri yang berlangsung, Minggu (29/5/2016) kedua film yang diproduksi ini langsung di kurasi oleh Andika Prayoga, script writer dari Production House Rencang Makaryo. Usai dikupas bersama, film terbaik mendapatkan seritifikat pernghargaan sekaligus uang pembinaan.

"Kedepan saya harap dengan ini para siswa bisa berkreasi dan membuat film dokumenter lebih baik lagi," tandasnya. (d)