Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkot Komitmen Lindungi Hak Anak-anak dan Perempuan

Penulis : Hafiz Agassi - Editor : Redaksi

29 - May - 2016, 14:21

Wali Kota Malang, Mochammad Anton bersama Anggota DPRD Kota Malang, Ya’qud Ananda Gudban saat deklarasi gerakan anti kekerasan pada anak-anak dan kaum perempuan (Foto :Hafiz /MalangTIMES)
Wali Kota Malang, Mochammad Anton bersama Anggota DPRD Kota Malang, Ya’qud Ananda Gudban saat deklarasi gerakan anti kekerasan pada anak-anak dan kaum perempuan (Foto :Hafiz /MalangTIMES)

MALANGTIMES - Maraknya kasus kekerasan pada anak-anak dan kaum perempuan membuat banyak pihak merasa prihatin dan miris. Ini pula yang membuat Komunitas Perempuan Peduli Indonesia dan Pemerintah Kota Malang membentengi Kota Malang dengan mendeklarasikan Gerakan Anti Kekerasan kepada Perempuan dan Anak. Deklarasi dilakukan di Jl Ijen Boulevard, Minggu (29/5/2016). 

Deklarasi ini diikuti ratusan masyarakat dari berbagai ormas perempuan. Di antaranya, Muslimat NU, Aisiyah, Himpunan Pengusaha Malang, IWAPI, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Lawan Covid-19, Pewarta Kodew Malang Bagikan Vitamin ke Tukang Becak

Wali Kota Malang Mochammad Anton yang turut ambil bagian dalam kesempatan ini mengatakan bahwa pemkot telah melakukan berbagai upaya dalam membentengi akhlak dan moral anak-anak khususnya di Kota Malang. 

"Salah satunya, melalui gerakan mematikan televisi pada saat Maghrib hingga Isya', sehingga waktu itu dapat digunakan untuk hal positif seperti belajar atau mengaji," tandasnya. 

Tak hanya itu, baru-baru ini Pemerintah Kota Malang juga telah mengeluarkan imbauan resmi kepada seluruh instansi pemerintahan maupun swasta untuk menggalakkan gerakan shalat berjamaah, sebagai upaya membentengi moral dan akhlak.

Di sisi lain, pemkot bersama DPRD juga telah mengesahkan Perda Perlindungan Anak dan Perempuan sebagai instrumen hukum untuk melindungi anak-anak dan perempuan. 

Baca Juga : Bergerak Mandiri, Baitul Mal Ahad Pon Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

"Kami berharap dengan seluruh upaya yang dilakukan, segala tindak kekerasan pada perempuan dan anak bisa diminimalisir sebaik mungkin, sehingga bisa mewujudkan Malang Kota Bermartabat," kata Anton. 

Hal serupa disampaikan Komunitas Perempuan Peduli Indonesia. "Kita semua pasti sangat miris dengan berbagai kasus yang saat ini terjadi, karena itu marilah bersama-sama kita melawan aksi kekerasan ini," ajak Ketua Komunitas Perempuan Peduli Indonesia, Ya'qud Ananda Gudban. (*)


Topik

Peristiwa pemkot-malang perlindungan-anak


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hafiz Agassi

Editor

Redaksi