Dana Desa di Malang Belum Bisa Disalurkan

May 14, 2016 22:13
Ilustrasi suasana desa. (Foto : net)
Ilustrasi suasana desa. (Foto : net)

MALANGTIMES - Dana Desa (DD) Tahun 2016 di Kabupaten Malang masih belum dapat dicairkan ke tingkat desa. Pihak Pemkab Malang beralasan, masih menunggu laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan DD 2015 dan pelaksanaan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) 2016.

"Kami masih menunggu LPj 2015 dari desa-desa sebelum mencairkan yang DD 2016," ujar Mochammad Darwis, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah (Kabag Pemdes Setda) Kabupaten Malang.

Sebenarnya, Pemerintah Pusat telah mengucurkan dana sejak 30 Maret 2016 lalu. Namun, karena masih ada permasalahan terkait belum masuknya LPj danĀ  APBDes dari desa-desa, dana tersebut belum dapat dicairkan.

Darwis mengungkapkan, Tahun 2016, jumlah DD lebih tinggi 30 persen dibanding tahun sebelumnya, dan untuk tahun ini sebanyak 378 desa mendapat kucuran DD.

Dana yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tersebut, diperuntukkan untuk pembangunan desa, seperti infrastruktur, pembinaan, pemberdayaan masyarakat, dan penyelenggaraan pemerintahan.

Berpijak pada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDT Trans) Nomor 21 Tahun 2015, prioritas penggunaan DD adalah pembangunan/infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Setiap desa berbeda-beda besarannya, disesuaikan dengan luas dan jumlah penduduknya," pungkasnya. (*)

Topik
pengelolaan dana desa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru