MALANGTIMES - Libur panjang awal bulan Mei 2016 ini juga menjadi berkah bagi Taman Wisata Selecta. Wisatawan mencoba berbagai atraksi pariwisata yang disuguhkan. Salah satunya adalah berkuda keliling taman bunga Selecta.

Tiga kuda peranakan Sumba alias kuda sandel dipersiapkan warga Desa Punten untuk mengantarkan wisatawan berkeliling di taman bunga ini. Ketiga kuda itu berjenis kelamin jantan.

”Kalau jantan ya harus jantan semua. Sebab kalau ada betinanya malah bahaya, nanti jadi birahi dan tidak mau jalan,” jelas Eko Faren, groom wisata berkuda Selecta.

Dengan tenang kuda-kuda tersebut mengantarkan wisatawan anak-anak ini berkeliling. Jika sudah tidak ada antrian wisatawan, kuda-kuda tersebut beristirahat di kandang mungil dan memakan rumput yang telah disediakan.

Sebagian besar wisatawan yang gemar naik kuda ini adalah anak-anak. Mereka rela mengantre di atas tangga untuk mendapatkan giliran berkeliling menaiki kuda sandel tersebut.

Untuk satu kali putaran, wisatawan dikenakan biaya Rp 10 ribu. Tidak dibiarkan sendiri, anak-anak ini juga dituntun oleh groom atau pemandu dan perawat kuda.

Dalam sehari, tiga kuda ini dapat mengantar sekitar tiga ratus wisatawan dari anak-anak hingga dewasa. Namun ‘kerja’ kuda itu tidak terus-menerus. Setiap satu jam sekali kuda-kuda berwarna putih, coelat, dan hitam ini beristirahat selama beberapa menit untuk memulihkan tenaga.

Wisata berkuda ini menambah atraksi di Taman Selecta agar wisatawan tidak mudah bosan, terutama anak-anak. (*)