Ini Medsos Karya Anak Bangsa yang Harus Dicoba

May 05, 2016 07:19
Bangga jadi orang Indonesia? Pakai medsos buatan anak bangsa dong! (Foto: kwikku.com)
Bangga jadi orang Indonesia? Pakai medsos buatan anak bangsa dong! (Foto: kwikku.com)

MALANGTIMES - Pengguna media sosial pasti sudah keranjingan dengan aplikasi macam Facebook, Twitter, Path dan Instagram. Ya, deretan jejaring sosial itu seakan jadi makanan sehari-hari di dunia digital seperti sekarang. Dan saat ini dunia media sosial akan memiliki 'pendatang baru', yakni Kwikku.

Sebagai anak bangsa, kita patut bangga dengan kehadiran Kwikku. Pasalnya, jejaring sosial buatan 11 mahasiswa UIN Maliki Malang mampu memikat 65 ribu pengguna dari berbagai penjuru untuk versi websitenya saja. Kwikku yang diluncurkan sejak September 2013 itu pun makin mentereng dengan berbagai penghargaan.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Kepada MalangTIMES, salah seorang tim Kwikku, Ifa Alif berbagi sukses. "Alhamdulillah, sempat menjadi juara 3 tingkat nasional Kemenristek Dikti kategori pengembangan perangkat lunak. Selain itu, juga Best Android Application Cakrawala Awards dan Top 75 Bestapps.id Telkom," papar Afif, Rabu (4/5/2016).

Kesuksesan membangun sosmed, lanjut Afif, juga membuat mereka kerap diundang ke berbagai kampus. "Sekitar 30 kampus, dari Bali hingga Jakarta," tambah pemuda asal Kediri itu.

Dibalik mulai dikenalnya Kwikku, Afif mengatakan jejaring sosial yang berhasil dirancang dengan teman-temannya ini tidak memiliki kelebihan yang terlalu menonjol. Keberadaan Kwikku ini dinilainya sebagai upaya untuk mendukung kemandirian bangsa.

"Sebenarnya jejaring sosial kami tidak ada kelebihan yang gimana-gimana, karena niatan kami ingin mendukung kemandirian bangsa yang sekarang mulai hilang dari semangat pemuda," ujarnya.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Kwikku memungkinkan pengguna tidak hanya update dalam jejaring sosial Kwikku, pengguna tidak hanya dapat update status, tetapi juga menggambar, foto, video, catatan, peta, dan juga artikel lainnya. Yakin nggak mau beralih? Coba saja nikmati keseruan berselancar lewat karya anak negeri di www.kwikku.com (*)

Topik
kwikkuUIN Maliki Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru