Dua pelaku spesialis pencuri alat pertukangan diamankan Polisi, Rabu, (27/4/2016) (Foto: M. Agus SAlim/ MalangTIMES)
Dua pelaku spesialis pencuri alat pertukangan diamankan Polisi, Rabu, (27/4/2016) (Foto: M. Agus SAlim/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dua spesialis pencuri alat pertukangan dibekuk Kepolisian Sektor Blimbing, Kota Malang. Dalam melancarkan aksinya kedua pelaku menyamar sebagai tukang.

Kedua tersangka tersebut adalah JA (30), warga Jalan Peltu Sunono, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang dan AM (31) warga Bangkalan, Madura yang kos di Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kanit Reskrim Polsek Blimbing, Iptu Yoyok Ucuk menjelaakan, penangkapan itu kedua pelaku itu berawal dari laporan salah satu korban di Jalan Batu Bara, Sulfat, Kota Malang yang curiga dengan gerak-gerik pelaku.

Kemudian, dari laporan tersebut Polisi dengan segera melakukan penyergapan dan pelaku berinisial JA berhasil ditangkap. Polisi menemukan barang bukti berupa alat pemotong keramik.

Setelah itu, polisi melakukan pengejaran terhardap rekan pelaku, AM, dan berhasil ditangkap sehari setelah penangkapan JA, pada Minggu, (24/4/2016).

"Dari pengakuan pelaku selama dua tahun ini sudah melakukan aksinya sebanyak 14 kali di Kota maupun Kabupaten Malang," ujar Yoyok, Rabu, (27/4/2016)

Kedua pelaku yang merupakan bekerja sebagai tukang paruh waktu itu sering bermodus sebagai tukang untuk bisa menggondol alat pertukangan seperti pemotong keramik dan las listrik milik korbannya.

"Modusnya menyamar seolah menjadi tukang," ujarnya.

Dari kedua tangan pelaku, Polisi berhasil menyita barang bukti berupa pemotong keramik, las listri, gergaji dengan jumlah yang cukup banyak.

Akibat perbuatannya kedua dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(*)