Buku karya penghuni Lapas Klas I Lowokwaru, Kota Malang, Rabu, (27/4/2016) (Foto: M. agus Salim/ MalangTIMES)
Buku karya penghuni Lapas Klas I Lowokwaru, Kota Malang, Rabu, (27/4/2016) (Foto: M. agus Salim/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru, Kota Malang meluncurkan buku kisah warga binaan Lapas. Peluncuran buka terseut dalam rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-52, Rabu, (27/4/2016).

Buku yang dilaunching tersebut berjudul "52 Kisah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Malang Menuju Langkah Pasti", yang menceritakan 52 kisah penghuni penjara Lowokwaru.

Kepala Lapas Lowokwaru, Krismono, berharap buku tersebut dapat memberikan wawasan kepada masyarakat agar tidak sampai masuk ke dalam Lapas.

"Semoga bermanfaat untuk masyarakat yang berada di luar sana," ujar Krismono.

Krismono menambahkan, buku tersebut menunjukan jika penghuni Lapas juga memiliki kreatifitas dalam menulis. "Tulisan di buku ini bisa menjadi inspirasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM, Budi Sulaksana yang hadir dalam peringatan Hari Bhakti di Lapas Lowokwaru menyatakan kekaguman dengan hasil kreatifitas penghuni Lapas tersebut.

Menurutnya buku tersebut menjadi wadah bagi para penghuni Lapas dalam mencurahkan isi hatinya. "Itu kreatif," ujarnya.

Budi mengatakan, karya penghuni Lapas tersebut nantinya akan Ia tawarkan ke penerbit. "Rencananya akan ditawarkan ke Gramedia," tandasnya.

Selain peluncuran buku, acara ini juga mendeklarasikan perang terhadap narkoba.(*)