Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Redaksi

03 - Apr - 2016, 17:11

Pantai Peh Pulo dengan gugusan pulau-pulaunya yang mirip Raja Ampat Papua. (Foto: Istimewa)
Pantai Peh Pulo dengan gugusan pulau-pulaunya yang mirip Raja Ampat Papua. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Ingin melancong ke Pulau Raja Ampat, Papua, namun minim ongkos? Ada baiknya, anda berwisata ke Pantai Peh Pulo, di Kabupaten Blitar. Pantai ini, memiliki segala keindahan yang mirip dengan Raja Ampat. Anda penasaran?.

Nama Peh Pulo sendiri konon diambil dari nama pulau terbesar yang berada di seberang pantai ini, yakni Pulau Peh.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Pantai Peh Pulo dikenal sebagai Raja Ampat-nya Blitar. Hal ini karena kemiripan antara Raja Ampat  dengan Pantai Peh Pulo Blitar, yaitu  sama-sama terdapat pulau-pulau kecil di lautan walaupun tak sebanyak dan sebesar di Raja Ampat.

Selain terdapat gugusan batuan karang yang indah, di pantai ini juga terdapat perahu – perahu nelayan yang biasa digunakan untuk mencari ikan.

Meskipun begitu, tidak ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di tempat ini. Apabila anda datang ke pantai ini anda harus membawa bekal sendiri karena anda tidak akan menemukan penjual ikan.

Lokasi Pantai Peh Pulo terletak di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, nama Peh Pulo memang terasa asing di telinga dan belum dikenal masyarakat luas.

Letak pantai ini memang cukup jauh dari pusat kota. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk naik kendaraan roda dua. Meski bisa diakses menggunakan roda empat, namun masih belum di sarankan karena kondisi jalannya yang sulit.

Rute untuk menuju Pantai Peh Pulo Blitar adalah dari Kota Blitar, arahkan tujuan langsung ke Lodoyo, lalu ikuti petunjuk jalan menuju Pantai Serang.

Karena belum ada petunjuk jalan yang mengarah langsung ke Pantai Peh Pulo sampai mendekati lokasi wisata yang dituju.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Jadi cara termudah adalah dengan menggunakan petunjuk jalan ke pantai Serang, plus jangan segan bertanya ke warga sekitar. Kemudian di pertigaan beringin Panggungrejo ikuti  rute menuju Desa Sumbersih.

Untuk mencapai Raja Ampat nya Blitar ini memang sedikit susah. Selain harus melalui kawasan perbukitan dan hutan yang ada di wilayah Kecamatan Panggungrejo, ruas jalan menuju ke lokasi pantai sebagian masih berupa jalan makadam.

Pastikan juga kendaraan dalam kondisi siap tempur mengingat jalur yang dilalui cukup menantang.

Pantai selatan Jawa memang terkenal dengan ombaknya yang ganas, tetapi keberadaan pulau-pulau kecil di sekitar garis pantai seakan menjaga para penikmat pantai dari ombak yang besar.

Selain itu, anda juga bisa berpetualang dengan mendaki semenanjung kecil di sebelah barat pantai. Dari sini, anda bisa menikmati pemandangan pantai dari sudut yang berbeda. (*)


Topik

Wisata Pantai-Peh-Pulo Raja-Ampat


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Redaksi