Kemendagri - Kompak Kembangkan Game untuk Perangkat Desa

Apr 02, 2016 14:33
Stand KOMPAK di Simposium Pelayanan Publik di Jatim Expo, Surabaya. (Foto: Istimewa)
Stand KOMPAK di Simposium Pelayanan Publik di Jatim Expo, Surabaya. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama‎ KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) mengembangkan game yang didesain untuk mengukur kapasitas perangkat desa.‎

"Game ini merupakan bagian dari kerjasama dan dukungan Program KOMPAK kepada Kemendagri dalam peningkatan kapasitas aparatur desa," ujar ‎M Iksan selaku Capacity Building Coordinator KOMPAK, Sabtu (2/4/2016).

Iksan menjelaskan, masyarakat umum juga dapat mengakses dan memainkan game "Sekolah Desa" selama dapat terkoneksi dengan internet, melalui link ‎http://bit.ly/sdsn2016.

"Selain perangkat desa, masyarakat bisa ikut mengukur pengetahuannya melalui inovasi berbentuk game ini. Game Sekolah Desa memang bagian dari upaya untuk mensosialisasikan UU Desa dengan cara kreatif," imbuhnya.

Game yang digarap pada tahun 2015 lalu ini mendapat apresiasi berbagai kalangan yang hadir pada gelaran Simposiun Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) di gedung Jatim Expo Surabaya. ‎Acara yang digelar sejak dua hari lalu, akan berakhir hari ini, Sabtu (2/4/2016).‎

Para pengunjung yang hadir di stand Kompak, turut mencoba bermain game Sekolah Desa.‎ Termasuk Menteri Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yudy Chrisnandi yang menyempatkan mengunjungi stand KOMPAK dalam gelaran Sinovik.‎ ‎

Iksan menyampaikan, saat ini, Program KOMPAK di Jawa Timur berlangsung di empat kabupaten, yaitu Trenggalek, Pacitan, Bondowoso dan Lumajang. 

"Kami juga siap mendukung bantuan teknis untuk beberapa kabupaten lainnya. Yang khusus berminat sampai saat ini ada Situbondo, Kota Bandung, Provinsi Sulawesi Tengah, Bali, Tapim dan Banjarmasin Kalimantan Selatan," pungkasnya. (*)

Topik
KemendagriKOMPAK

Berita Lainnya

Berita

Terbaru